Simak Yuk Manfaat Kencur Untuk Pengobatan Dan Kesehatan

Simak Yuk Manfaat Kencur Untuk Pengobatan Dan Kesehatan

Kencur Kaempferia galanga

Simak Yuk Manfaat Kencur Untuk Pengobatan Dan Kesehatan – Klasifikasi Kencur ( Kaempferia galanga ) termasuk suku tumbuhan Zingiberacede dan digolong kan sebagai tanaman jenis empon – empon yang mempu nyai daging buah paling lunak dan tidak berserat . Kencur merupakan terna kecil yang tumbuh subur di daerah dataran rendah atau pegunungan yang tanahnya gembur dan tidak terlalu banyak air . Rimpang kencur mempunyai aroma yang spesifik . Daging buah kencur berwarna putih dan kulit luarnya berwarna cokelat . Jumlah helaian daun kencur tidak lebih dari 2 – 3 lembar dengan susunan berhadapan .

Nama lokalnya antara lain

kencur ( Jawa ) , cikur ( Sunda ) , ceuko ( Aceh ) , kencor ( Madura ) , cekuh ( Bali ) , kencur , sukung ( Minahasa ) , asauli , sauleh . soul , umpa ( Ambon ) , dan cekir ( Sumba ) . Kandungan Kimia Rimpang kencur mengandung pati ( 4 , 14 % ) , minera ( 13 , 73 % ) , dan minyak asiri ( 0 , 02 % ) berupa sineol , asam metil kanil dan penta dekaan , asam cinnamic , ethylter , asam sinamic , borneol , kamphene , paraeuma asam anisic , alkaloid , dan gom .

Efek Farmakologis

Mempunyai aroma yang khas dengan rasa yang pahit . Kandungan minyak asiri dalam kencur juga berkhasiat sebagai analgesik ( penghilang rasa sakit ) dan menghangatkan badan . Dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit , seperti radang lambung , radang anak telinga , influenza pada bayi , masuk angin , sakit kepala , batuk , menghilangkan darah kotor , diare , memperlancar haid , mata pegal , keseleo , dan kelelahan . Bagian Tanaman yang Digunakan Rimpang dan daun .

Manfaat Kencur Untuk Kesehatan

Dalam dunia pengobatan, manfaat kencur telah terbukti dapat mengobati berbagai macam penyakit. Berikut beberapa resep tradisional menggunakan kencur.

1. Obat untuk masuk angin

Cuci bersih satu rimpang kencur, makan kencur bersama garam dapur lalu minumlah air hangat. Lakukan dua kali sehari untuk mencegah masuk angin.

2. Menghilangkan darah kotor

Siapkan empat rimpang kencur, dua lembar daun trengguli, dua biji cengkeh kering dan adas secukupnya. Cuci bersih semua bahan tersebut, lalu rebus dengan satu liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Minumlah dua kali sehari secara teratur.

3. Mengobati radang lambung

Dua rimpang kencur dicuci bersih. Kupas kencur lalu dikunyah. Telan airnya dan buang ampasnya. Lakukan pengobatan ini hingga sembuh.

4. Mengobati keseleo

Satu rimpang kencur lalu di cuci bersih. Rendam segenggam beras kemudian campurkan rimpang kencur. Tumbuk keduanya hingga halus. Balurkan pada bagian tubuh yang keseleo.

5. Mengobati mulas pada perut

Cuci satu rimpang kencur hingga bersih. Parut kencur tersebut lalu tambahkan dua sendok air masak dan sedikit garam. Lalu saring ramuan tersebut dan ambil airnya. Minum air tersebut 2-3 kali sehari

6. Sebagai obat batuk

Dua rimpang kencur di cuci bersih. Parut kencur lalu campurkan dengan segelah air hangat. Aduk rata dan disaring, lalu ambil airnya. Tambah sedikit garam dapur dan minum air ramuan tersebut sampai habis. Untuk perawatan, lakukan satu kali sehari.

Baca Juga : Ini Dia 8 Manfaat Teh Jati Belanda Yang Belum Kamu Tau

7. Mengobati diare

Tumbuk dua rimpang kencur dengan dua siung barang merah sampai halus. Siapkan daun pisang dan bungkus ramuan yang sudah ditumbuk. Bakar sampai hangat ramuan tersebut. Oleskan ramuan tersebut pada bagian perut.

Selain manfaat di atas, kencur juga dipercaya dapat menjadi salah satu herbal yang berperan penting bagi tubuh manusia seperti

  • Anti kanker
  • Baik untuk pencernaan
  • Bumbu masakan
  • Baik untuk kulit
  • Mengobati peradangan usus
  • Membutuh bakteri dalam usus
  • Melancarkan peredaran darah
  • Membuang racun dalam tubuh
  • sebagai anti oksidan
  • Menjadi sumber serat

Kencur merupakan jenis tanaman herbal yang dapat dijadikan bumbu berbagai jenis masakan di indonesia, selain itu khasiatnya bagi kesehatan juga tidak kalah baik yang dapat membantu berbagai masalah pengobatan.

Sumber : Joko Suryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

10 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

10 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Jahe Zingiber officinales  10 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Dan Pengobatan – Jahe memiliki nama ilmiah Zingiber officinales, digunakan sebagai bumbu dapur maupun obat-obatan.  halia (Aceh), bahing (Batak karo), sipadeh atau si-podeh (Sumatra Barat), jahi (Lampung), jae (Jawa), jahe (Sunda), jhei (Madura), pese (Bugis), dan lali (Irian  ) . Jahe tergolong tanaman herba, tegak, dapat men- […]

Shares
error: Content is protected !!