Simak Pencegahan Dan Pengobatan Batu Empedu

Simak Pencegahan Dan Pengobatan Batu Empedu

GANGGUAN EMPEDU

Simak Pencegahan Dan Pengobatan Batu Empedu – Dalam kantung empedu terdapat cairan yang disebut sebagai empedu dan berperan dalam pencernaan lemak. Batu empedu akan terbentuk ketika cairan empedu tersebut mengeras. Ukuran batu empedu bisa bermacam-macam, mulai dari yang sekecil butiran pasir hingga sebesar bola pingpong. Cairan empedu yang mengeras dan menjadi batu tersebut memiliki jumlah yang bervariasi. Seseorang bisa memiliki banyak batu, bisa juga hanya memiliki satu batu pada kantong empedu, jika orang tersebut mengidap batu empedu.

Baca Juga : Ini Dia Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Biduran

gejala Batu Empedu

Umumnya, batu empedu tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, apabila batu menyumbat saluran empedu atau saluran pencernaan lainnya, maka dapat menimbulkan rasa sakit yang datang secara tiba-tiba. Rasa sakit ini dapat terjadi pada beberapa bagian perut, di antaranya bagian tengah perut atau di atas kanan perut. Rasa sakit ini juga bisa menyebar ke sisi tubuh atau tulang belikat. Gejala sakit perut bervariasi, misalnya dapat muncul kapan saja, berlangsung selama beberapa menit sampai berjam-jam dan tidak berkurang meski sudah ke toilet, kentut, atau muntah. Frekuensi kemunculannya jarang, tetapi bisa dipicu oleh makanan dengan kadar lemak yang tinggi.

gejala-gejala seperti berikut:

  • Sakit perut yang terus-menerus atau hilang timbul, terutama beberapa saat setelah mengonsumsi makanan tinggi lemak (kolik bilier).
  • Sakit kuning detak jantung yang cepat.
  • Timbul demam jika ada infeksi saluran empedu. Jika saluran tersumbat karena batu tanpa infeksi, demam tidak akan terjadi.
  • Gatal-gatal pada kulit.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Mual dan muntah. 

Untuk itu, segera periksakan diri ke dokter jika mengalami sakit perut hebat yang berlangsung lebih dari delapan jam, sakit kuning, atau demam.

CegahBatu Empedu

Kurangi konsumsi makanan berkolesterol tinggi dan perbanyak konsumsi makanan tinggi serat. Mulai gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga. Selain itu, mengonsumsi air putih dalam dosis yang tepat juga bisa membantu melarutkan kadar lemak yang berlebihan. Komplikasi Batu Empedu. Kolelitiasis jarang menimbulkan komplikasi, namun komplikasi dapat terjadi jika tindakan pengobatan tidak tepat. Komplikasi itu meliputi kolesistitis akut, cholangitis, pankreatitis akut, atau sepsis.

Pencegahan Batu Empedu

Kolelitiasis dapat dicegah dengan menjalani pola makan sehat dan seimbang. Konsumsilah makanan tinggi serat dan hindari makanan bersantan, berminyak, berbumbu kacang, atau mengandung mentega. Selain itu, upaya pencegahan batu empedu juga dapat dilakukan dengan membatasi konsumsi alkohol, berolahraga secara teratur, perbanyak konsumsi cairan, dan hindari diet yang terlalu ketat.

Ramuan Herbal

Bahan: Daun komfrey segar 4 lembar . Garam secukupnya. Air 4 gelas

Cara meramu:

  • Cara 1 Lemaskan daun komfrey dengan garam , lalu dicuci . Makan ramuan 2 kali sehari .
  • 2 : Daun komfrey dijus , lalu sarinya diminum 2 kali sehari .
  • Cara 3 . Rebus daun komfrey dengan 4 gelas air hingga tersisa 3 gelas , lalu aimya diminum 3 kali sehari , masing masing 1 gelas

Sumber : Puspa Lingga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Ini Dia Penyebab Gatal Pada Kepala Dan Cara Mengatasinya

Ini Dia Penyebab Gatal Pada Kepala Dan Cara Mengatasinya

GATAL-GATAL DI KEPALA Ini Dia Penyebab Gatal Pada Kepala Dan Cara Mengatasinya – Gatal kulit adalah gejala yang mudah untuk dikenali – sehingga perasaan yang mengganggu dan dorongan yang tidak dapat ditolak untuk menggaruk hampir tidak mungkin untuk diabaikan. Ini juga sangat umum. Ini kerap disebabkan oleh ketombe. Ketika kulit kepala Anda menjadi teriritasi oleh […]

Ini Dia Penyebab Gatal Gatal Pada Tubuh Dan Obatnya

Ini Dia Penyebab Gatal Gatal Pada Tubuh Dan Obatnya

Penyebab gatal-gatal Ini Dia Penyebab Gatal Gatal Pada Tubuh Dan Obatnya – Gatal-gatal biasanya disebabkan oleh kulit kering. Namun, rasa gatal juga dapat muncul akibat penyakit atau kelainan. Kadang-kadang, rasa gatal bisa menjadi pertanda adanya kelainan sistem pada tubuh, seperti hati, ginjal, serta kelainan darah. Ini Dia Penyebab. Selain kulit kering dan penyakit dalam tubuh, […]

Shares
error: Content is protected !!