Simak Ini Dia Penyebab Dan Cara Mengobati Batu Empedu

Simak Ini Dia Penyebab Dan Cara Mengobati Batu Empedu

BATU EMPEDU

Simak Ini Dia Penyebab Dan Cara Mengobati Batu Empedu – Penyakit batu empedu atau cholelithiasis adalah kondisi yang ditandai dengan sakit perut mendadak akibat terbentuknya batu di dalam kantung empedu. Penyakit batu empedu juga bisa terjadi di saluran empedu. Kantung empedu adalah organ berukuran kecil yang terletak di bawah organ hati. Organ ini mampu memproduksi dan menyimpan cairan empedu yang berperan penting dalam proses pencernaan, termasuk mencerna kolesterol yang terkandung di dalam makanan yang dikonsumsi. Sebagian besar batu empedu berasal dari endapan kolesterol yang akhirnya mengeras dan membentuk batu.

Gejala Batu Empedu

Kondisi penyakit batu empedu atau kolelitiasis yang ringan jarang menimbulkan gejala. Penderitanya mulai dapat merasakan gejala jika saluran empedu tersumbat akibat pengendapan batu empedu. Gejala utama batu empedu adalah nyeri secara mendadak di bagian kanan atas atau tengah perut. Sakit perut juga dapat disertai dengan gejala lain, seperti mual, muntah, hilang nafsu makan, urine berwarna gelap, sakit maag, dan diare. Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami gejala di atas atau gejala yang muncul disertai demam, menggigil, mata dan kulit berwarna kuning, atau sakit perut berlangsung hingga lebih dari 8 jam.

Penyebab Terbentuknya Batu Empedu

Batu empedu diduga muncul akibat endapan kolesterol dan bilirubin yang menumpuk di dalam kantung empedu. Penumpukan terjadi ketika cairan empedu tidak mampu melarutkan kolesterol dan bilirubin berlebih yang dihasilkan hati. Beberapa faktor juga dapat memengaruhi seseorang terkena batu empedu, seperti faktor usia, jenis kelamin, keturunan, pola makan tidak sehat, diet yang terlalu ketat, dan kondisi medis tertentu.

Diagnosis Batu Empedu

Proses diagnosis batu empedu diawali dengan pemeriksaan gejala dan fisik. Selanjutnya, dokter akan melakukan tes pemindaian untuk menentukan tingkat keparahan batu empedu yang dialami pasien. Jenis tes pemindaian yang dilakukan meliputi USG perut, CT scan, MRI, dan endoscopic retrograde cholangio-pancreatography (ERCP). Terkadang, tes darah juga dilakukan untuk mendeteksi penyakit yang disebabkan oleh batu empedu.

Pengobatan Batu Empedu

Jika batu empedu berukuran kecil dan tidak menimbulkan gejala, maka penanganan secara medis tidak diperlukan. Namun apabila penderita merasakan gejala sakit perut yang muncul secara tiba-tiba, maka tindakan pengobatan perlu segera dilakukan. Metode pengobatan batu empedu meliputi operasi pengangkatan kantung empedu (kolesistektomi) atau konsumsi obat. Meski demikian, penggunaan obat jarang dilakukan karena kurang efektif dalam mengobati batu empedu.

Komplikasi Batu Empedu

Kolelitiasis jarang menimbulkan komplikasi, namun komplikasi dapat terjadi jika tindakan pengobatan tidak tepat. Komplikasi itu meliputi kolesistitis akut, cholangitis, pankreatitis akut, atau sepsis.

Baca Juga : Ini Dia Resep Jamu Pasca Melahirkan Yang Cukup Enak

Ramuan Menyembuhkan Penyakit Batu Empedu

Bahan

  • Daun keji beling 7 lembar
  • Daun kumis kucing 25 lembar
  • Meniran 3 batang
  • Rambut jagung 1 / 2 genggam

Cara meramu

Cuci semua bahan lalu rebus dengan 4 gelas air bersih sampai mendidih atau tersisa 3 gelas . Aturan Pakai Minum : ramuan 3 kali sehari setelah makan masing – masing 1 / 2 gelas . Catatan Setelah 1 bulan , hentikan minum ramuan selang 3 hari lalu ramuan diminum kembali

Ramuan 2

Bahan

  • Daun sendok 11 lembar
  • kumis kucing 25 lembar
  • Daun keji beling 5 lembar
  • Daun ungu 5 lembar

Cara meramu:  Cuci semua bahan , lalu rebus dengan 4 gelas air bersih sampai mendidih atau tersisa 3 gelas. Aturan Pakai Minum ramuan 3 kali sehari setelah makan masing – masing 1 / 2 gelas

Catatan : Setelah 1 bulan , hentikan minum ramuan , selang 3 hari lalu ramuan diminum kembali .

Ramuan 3

Bahan

Daun kumis kucing 17 lembar

Rimpang kunyit 1 jari

Daun ungu 3 lembar

Cara meramu : Kupas kunyit , lalu cuci dan iris tipis – tipis . Rebus semua bahan dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas . Aturan pakai Minum ramuan 3 kali sehari setelah makan masing – masing 1 / 2 gelas . Catatan Lakukan selama 3 hari berturut – turut , lalu seminggu sekali selama sebulan .

Ramuan 4

Bahan

  • Tanaman daun sendok beserta akarnya 15g
  • Keji beling 50 g
  • Air 4 gelas

Cara meramu Rebus semua bahan dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas . Aturan pakai Setelah dingin , airnya diminum 2 kali sehari , masing – masing 1 gelas .

Sumber : puspa lingga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Ini Dia Penyebab Gatal Pada Kepala Dan Cara Mengatasinya

Ini Dia Penyebab Gatal Pada Kepala Dan Cara Mengatasinya

GATAL-GATAL DI KEPALA Ini Dia Penyebab Gatal Pada Kepala Dan Cara Mengatasinya – Gatal kulit adalah gejala yang mudah untuk dikenali – sehingga perasaan yang mengganggu dan dorongan yang tidak dapat ditolak untuk menggaruk hampir tidak mungkin untuk diabaikan. Ini juga sangat umum. Ini kerap disebabkan oleh ketombe. Ketika kulit kepala Anda menjadi teriritasi oleh […]

Ini Dia Penyebab Gatal Gatal Pada Tubuh Dan Obatnya

Ini Dia Penyebab Gatal Gatal Pada Tubuh Dan Obatnya

Penyebab gatal-gatal Ini Dia Penyebab Gatal Gatal Pada Tubuh Dan Obatnya – Gatal-gatal biasanya disebabkan oleh kulit kering. Namun, rasa gatal juga dapat muncul akibat penyakit atau kelainan. Kadang-kadang, rasa gatal bisa menjadi pertanda adanya kelainan sistem pada tubuh, seperti hati, ginjal, serta kelainan darah. Ini Dia Penyebab. Selain kulit kering dan penyakit dalam tubuh, […]

Shares
error: Content is protected !!