Simak Gejala, Penyebab Dan Komplikasi Infeksi Saluran Kencing

Simak Gejala, Penyebab Dan Komplikasi Infeksi Saluran Kencing

Simak Gejala, Penyebab Dan Komplikasi Infeksi Saluran Kencing Infeksi saluran kencing atau ISK terjadi ketika ada bakteri pada organ saluran kencing. Bakteri penyebab infeksi saluran kencing dapat memengaruhi ginjal, kandung kemih, dan tabung yang mengalir di antara mereka. Saluran kemih atau kencing dapat dibagi menjadi dua, ada saluran kemih bagian atas dan saluran kemih bagian bawah. Saluran kemih bagian atas terdiri dari ginjal dan ureter, dan saluran kemih bagian bawah terdiri dari kandung kemih dan uretra.

Seberapa umumkah infeksi saluran kencing?

Infeksi saluran kencing ini bisa terjadi pada semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Namun wanita lebih sering terkena dibanding laki-laki, karena wanita memiliki uretra yang lebih pendek sehingga wanita lebih rentan infeksi.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala urinary tract infection?

Simak Gejala – Gejala urinary tract infection yang paling umum yaitu sering buang air kecil (anyang-anyangan), nyeri saat kencing, urin keruh atau berbau, nanah atau darah dalam urin. Pasien, khususnya wanita akan merasa nyeri pada pubis. Dan juga, tergantung dari organ yang terinfeksi, gejala yang muncul dapat berbeda:

  • Jika infeksi pada ginjal, pasien dapat demam, mual, dan muntah atau menggigil atau nyeri punggung.
  • infeksi pada kandung kemih, pasien akan merasakan tekanan pada pelvis depan (perut bawah), sering buang air kecil, dan kencing berdarah
  • Jika infeksi pada uretra, pasien akan merasakan nyeri saat kencing dan keluarnya cairan dari uretra
  • Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan harus periksa ke dokter?

Simak Gejala – Jika Anda mengalami gejala di atas, khususnya saat buang air kecil, Anda harus pergi ke dokter. Hubungi dokter Anda jika Anda tetap demam dalam 48 jam setelah konsumsi antibiotik atau gejala muncul kembali setelah konsumsi obat. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Penyebab paling sering infeksi saluran kencing yaitu bakteri Escherichia coli (E.coli) yang ditemukan pada usus, walaupun penyakit ini juga dapat disebabkan oleh bakteri jenis lain. Saat E. coli terdapat pada  kulit atau dekat anus, bakteri ini dapat masuk ke saluran kencing dan berpindah ke tempat lain. Pada wanita, karena saluran kencing dan anus terletak berdekatan, risiko infeksi ini menjadi lebih tinggi.

Baca Juga : Influensa Karena Angin Dingin, Ini Dia Ramuan Untuk Mengobatinya

Komplikasi

Apa saja komplikasi yang bisa terjadi akibat infeksi saluran kencing?

Ketika kondisi ini dirawat dengan cepat dan tepat, infeksi saluran kemih bagian bawah jarang menyebabkan komplikasi. Tetapi jika tidak diobati, infeksi saluran kemih dapat memiliki konsekuensi serius.

Komplikasi infeksi ini dapat meliputi:

Infeksi berulang, terutama pada wanita yang mengalami dua atau lebih ISK dalam periode enam bulan atau empat atau lebih dalam setahun.

Kerusakan ginjal permanen akibat infeksi ginjal akut atau kronis (pielonefritis) karena Infeksi saluran kemih yang tidak diobati.

Pada wanita hamil, ada peningkatan risiko untuk melahirkan dengan berat badan lahir rendah atau bayi prematur.

Penyempitan uretra (striktur) pada pria akibat uretritis rekuren, yang sebelumnya terlihat dengan uretritis gonokokal.

Sepsis, suatu komplikasi infeksi yang berpotensi mengancam jiwa, terutama jika infeksi berjalan dengan cara naik ke saluran kemih ke ginjal Anda.

Infeksi saluran kencing juga berisiko pada kesehatan jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa respons peradangan tubuh terhadap infeksi dapat mendorong pembentukan gumpalan di arteri, tak terkecuali infeksi di saluran kemih. Hal ini dapat berujung menghalangi aliran darah ke jantung atau otak. Maka penting untuk diobati secara tuntas infeksi pada saluran kemih Anda.

Obat Herbal

Bahan; Tanaman cakar ayam kering 15 – 30 g. Air 5 gelas

Cara meramu: Rebus tanaman cakar ayam kering dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas . • Setelah dingin , air rebusan disaring . Aturan pakai Minum air rebusan beberapa kali hingga habis .

Sumber : Puspa Lingga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Ini Dia Penyebab Kanker, Gejalanya Dan Cara Mengobatinya

Ini Dia Penyebab Kanker, Gejalanya Dan Cara Mengobatinya

KANKER Ini Dia Penyebab Kanker, Gejalanya Dan Cara Mengobatinya – Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh . Pertumbuhan sel abnormal ini dapat merusak sel normal di sekitarnya dan di bagian tubuh yang lain. Kanker merupakan penyebab kematian kedua terbanyak di seluruh dunia. Kanker sering menyebabkan kematian karena umumnya penyakit ini tidak menimbulkan gejala pada […]

Shares
error: Content is protected !!