Simak Gejala Penyebab Dan Cara Mengobati Kram Otot

Simak Gejala Penyebab Dan Cara Mengobati Kram Otot

Simak Gejala Penyebab Dan Cara Mengobati Kram Otot – Kram otot adalah kontraksi kuat atau mengencangnya otot, yang terasa sakit dan muncul tiba-tiba, berlangsung dari beberapa detik hingga hitungan menit. Seringkali kondisi ini terjadi di kaki. Kram otot kaki pada malam hari biasanya merupakan kejang atau mengencangnya otot pada betis secara tiba-tiba. Kram otot kadang dapat terjadi di paha atau kaki. Seringkali kram muncul saat Anda sedang tidur atau baru bangun. Periode olahraga atau kegiatan fisik yang berkepanjangan, terutama pada cuaca panas, dapat menyebabkan kram otot. Beberapa obat dan kondisi medis tertentu dapat juga menyebabkan kram otot. Anda biasanya dapat mengatasi kram otot di rumah dengan perawatan sendiri.

gejala kram otot

Simak Gejala Penyebab. Kebanyakan kram otot muncul di otot kaki, terutama pada betis. Selain muncul dengan tiba-tiba, Anda juga dapat merasakan benjolan keras pada jaringan otot di bawah kulit. Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

penyebab kram otot

Kondisi ini terjadi ketika otot tanpa sadar berkontraksi dengan sendirinya. Biasanya, Anda merasakan benjolan keras di titik sakit, yaitu otot yang berkontraksi.  Terlalu sering menggunakan otot, dehidrasi, ketegangan otot, atau hanya bertahan pada sesuatu posisi dalam waktu lama dapat menyebabkan kondisi tersebut. Namun, dalam beberapa kasus, penyebabnya tidak diketahui. 

Berikut pilihan langkah yang mungkin bisa mengatasi keram otot 

Peregangan dan pijat

Hentikan aktivitas apapun yang mungkin menyebabkan kram dan lakukan peregangan otot dengan memegangnya secara lembut. Anda pun dapat memijat otot saat Anda melakukan peregangan atau setelah selesai.  Untuk meregangkan otot betis Anda, berdirilah dengan bagian depan kaki Anda pada tangga, dengan tumit menggantung. Turunkan tumit perlahan hingga dibawah permukaan tangga.  Tahan untuk beberapa detik sebelum kembali mengangkat tumit ke posisi semula. Ulangi beberapa kali. Anda juga bisa mengoleskan bantalan pemanas ke area yang sakit. 

Baca Juga : Ini Dia Gejala Penyebab Dan Cara Mengatasi Kegemukan Atau Obesitas

Obat-obatan

Obat-obatan biasanya hanya diperlukan pada kasus yang tidak merespon pada olahraga. Apabila Anda memiliki kram kaki sekunder, mengatasi penyebab dapat meringankan gejala. Mengatasi kram yang terjadi sebagai akibat penyakit hati serius dapat lebih sulit dilakukan. Perawatan Anda dapat meliputi obat-obatan seperti relaksan otot.

Mengonsumsi magnesium

Jika Anda sering mengalami kram kaki yang tidak berkaitan dengan kondisi yang lebih serius, Anda dapat mencoba menambahkan magnesium ke dalam makanan Anda. Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber magnesium yang sangat baik. 

Gunakan garam Epsom

Cobalah mengoleskan obat kuno ini ke kain basah dan menekannya ke otot yang terasa sakit, atau tambahkan di air hangat saat mandi. Berendam air panas dapat membantu mengatasi kondisi ini, dengan atau tanpa garam Epsom. Pemanas kering dalam bentuk bantalan pemanas juga bisa membantu Anda. Mulai gunakan bantalan dengan pengaturan terendah dan tambahkan panasnya jika Anda tidak merasakan perubahan. 

Hidrasi

Cara memungkinkan lainnya untuk mengatasi kram otot adalah dengan hidrasi. Cara ini mungkin akan berpengaruh dalam waktu yang lama, tapi air atau minuman olahraga dengan elektrolit dapat mencegah kondisi tersebut. 

Sumber : Arief Hariana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Ini Dia Cara Mengobati Kulit Yang Tertusuk Duri

Ini Dia Cara Mengobati Luka Akibat Tertusuk Duri

Ini Dia Cara Mengobati Luka Akibat Tertusuk Duri – Ketika membiarkan anak bermain di luar rumah, ada banyak kejadian tak terduga yang harus siap dihadapi. Misalnya tertusuk duri atau kayu. Kelihatannya sih sepele. Namun, bagi beberapa anak mungkin akan terasa kesakitan. “Sembilan dari 10 kasus kemasukan serpihan kayu ini sebetulnya cuma kejadian ringan kita bisa […]

Simak Ini Dia Ciri Ciri Kram Perut Dan Pengobatannya

Simak Ini Dia Ciri Ciri Kram Perut Dan Pengobatannya

Simak Ini Dia Ciri Ciri Kram Perut Dan Pengobatannya – Kram perut adalah keluhan nyeri di perut yang terasa seperti kaku atau tegang pada otot perut dan otot-otot lain di sekitar perut. Umumnya, kram perut terjadi saat lapisan dinding perut atau organ yang ada di dalam rongga perut mengalami gangguan. Penyebab kram perut beragam, sehingga […]

Shares
error: Content is protected !!