Simak 8 Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan Tubuh

Simak 8 Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan Tubuh

Sukun Artocarpus communis

Simak 8 Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan Tubuh – Klasifikasi Artocarpus communis ( sukun ) adalah tumbuhan dari genus Artocarpus dalam famili Moraceae yang banyak terdapat di kawasan tropika seperti Malaysia dan Indonesia . Ketinggian tanaman ini bisa mencapai 20 meter . Sukun bukan buah bermusim , meskipun biasanya ber bunga dan berbuah dua kali setahun . Kulit buahnya berwarna hijau kekuningan dan terdapat segmen – segmen petak berbentuk poligonal . Segmen poligonal ini dapat menentukan tahap kematangan buah sukun .

Sifat Kimia

Buah sukun mengandung niasin , vitamin C , riboflavin , karbohidrat , kalium , thiamin , natrium , kalsium , dan besi . Pada kulit kayunya ditemukan senyawa turunan flavonoid yang terprenilasi , yaitu artonol B dan sikloar tobilosanton . Kedua senyawa tersebut telah diisolasi dan diuji bioaktivitas antimitotiknya pada cdc2 kinase dan cdc25 kinase.

Efek Farmakologis

Flavonoid adalah senyawa polifenol yang secara umum mempunyai struktur phenylbenzopyrone ( C6 – C3 – C6 ) Flavonoid dan derivatnya terbukti memiliki aktivitas biologi yang cukup tinggi sebagai cancer prevention . Berbagai data dari studi laboratorium , investigasi epide miologi , dan uji klinik pada manusia telah menunjukkan bahwa flavonoid memberikan efek signifikan sebagai cancer chemoprevention dan pada kemoterapi . Bagian Tanaman yang Digunakan Daun , buah , dan kulit kayu .

Khasiat Buah Sukun

Banyaknya kandungan gizi tersebut membuat sukun menyimpan berbagai khasiat atau manfaat bagi kesehatan dan juga membantu mengatasi beberapa jenis penyakit. Inilah manfaat sukun untuk kesehatan.

Baca Juga : Manfaat Dan Khasiat Haver Sebagai Penambah Gairah Seksual

1. Kaya kandungan serat

Bagi para pengidap diabetes buah sukun sangat bemanfaat karena kandungan seratnya yang dapat mengurangi penyerapan gula oleh tubuh. Menurut penelitian menunjukan bahwa bila kita mengkonsumsi buah sukun secara rutin dapat mengurangi resiko diabetes dan kadar gula dalam darah dapat terkontrol.

2. Kenyang lebih lama

Buah sukun sering dijadikan makanan pengganti nasi pada saat seseorang menjalani diet karena buah ini tanpa meningkatkan asupan kalori dapat memberikan rasa kenyang yang tahan lama. Sehingga seseorang merasa aktif dan energik saat mengkonsumsinya.

3. Sumber omega 6 dan omega 3

Menurut para ahli bahwa memakan buah sukun dapat membantu anak yang sedang tumbuh dalam perkembangan dan membantu pertumbuhan otak besar mereka karena kandungan asam lemak omega 3 di dalam buah sukun. Ditambah lagi adanya sepasang asam lemak esensial ini juga baik untuk kesehatan jantung.

4. Obat susah buang air besar

Kadar serat yang tinggi pada buah sukun dapat berperan dalam melancarkan buang air besar dengan cara rutin mengkonsumsi nya. Selain itu juga dapat mengeluarkan racun dari usus.

5. Makanan diet

Untuk orang yang menderita obesitas, buah sukun merupakan pilihan yang tepat. Mempunyai jumlah serat yang tinggi dan lebih sedikit kalori sangat ideal untuk dimasukan ke dalam daftar menu diet Anda.

6. Bagus untuk kecantikan

Adanya kandungan omega 3 dan omega 6 dalam buah sukun sangat bagus untuk kecantikan kulit.  Selain itu buah sukun juga kaya dengan kandungan  vitamin C yang juga bagus untuk kesehatan kulit.

7. Sumber Antioksidan

Mengkonsumsi buah sukun secara teratur akan membuat kulit sehat baik luar maupun dalam. Menurut penelitian terbaru ditemukan antioksidan dalam buah sukun yang baik untuk mencegah terjadinya infeksi kulit. Dengan memakan buah sukun secara wajar seseorang akan mendapatkan kulit yang halus dan bersinar.

 8. Sumber vitamin dan mineral untuk rambut

Adanya kandungan asam lemak omega 6 pada buah sukun sangat bermanfaat bagi kesehatan folikel rambut. Hasil yang didapatkan rambut tidak mudah rontok, sehat dan menguatkan akar rambut serta mencegah kebotakan. Malahan manfaat buah sukun mampu mengusir timbulnya ketombe pada rambut.

Sumber : Joko Suryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

10 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

10 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Jahe Zingiber officinales  10 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Dan Pengobatan – Jahe memiliki nama ilmiah Zingiber officinales, digunakan sebagai bumbu dapur maupun obat-obatan.  halia (Aceh), bahing (Batak karo), sipadeh atau si-podeh (Sumatra Barat), jahi (Lampung), jae (Jawa), jahe (Sunda), jhei (Madura), pese (Bugis), dan lali (Irian  ) . Jahe tergolong tanaman herba, tegak, dapat men- […]

Shares
error: Content is protected !!