Simak 5 Unsur Terpenting Bila Anda Sedang Berdiet

Simak 5 Unsur Terpenting Bila Anda Sedang Berdiet

5 ( lima ) UNSUR PENTING BILA ANDA SEDANG BERDIET

1 . VITAMIN B6

Simak 5 Unsur Terpenting Bila Anda Sedang BerdietVitamin ini membantu penyerapan dan metabolisme protein dan lemak serta membantu dalam pembentukan sel – sel darah merah . Sifat vitamin B6 ini mudah larut dalam air panas dan mudah pula teroksidasi . Seorang wanita dewasa umumnya membutuhkan 15 mg sehari . – Sumber utama : Alpukat , pisang . bayam , biji – bijian , ikan , hati , daging , unggas , kacang – kacangan dan kentang . – Untuk diet : Pilihlah beras pecah kulit dan kombinasikan dengan ikan bakar , sayur bening serta sambal .

2 . KALSIUM ( ZAT KAPUR )

Kalsium merupakan bahan pembentuk gigi dan tulang . Selain itu kalsium juga dibutuhkan dalam proses pembentukan darah dan membantu berfungsinya sel – sel syaraf dan otot , namun sayang , setelah masa kanak – kanak berlalu , kemampuan penyerapannya akan menurun . Apabila orang dewasa dan orang tua kekurangan zat kalsium ini . mereka umumnya akan terkena penyakit gejala osteoporosis dan osteomal asia ( tulang menjadi lunak ) . Kebutuhan seorang wanita dewasa adalah 600 mg sehari .

Sumber utama

Susu dan hasil olahannya ( kecuali mentega ) , telur , sayur – sayuran berwarna hijau , ikan yang dapat dimakan dengan tulangnya seperti teri dan sardin . Untuk diet : Kombinasikan nasi dengan ( misalnya ) pepes teri dan sayur daun singkong ( dengan syarat santannya cncer )

3 . ZAT BESI .

Zat besi merupakan suatu bagian dari hemoglobin , sedangkan hemoglobin sendiri adalah persenyawaan dari besi , porphyrin dan globin . Hemoglobin sangat diperlukan dalam pengangkutan dan penyerapan oksigen ke jaringan . Seorang wanita dewasa umumnya memerlukan 12 mg sehari .

Sumber utama :

Biji – bijian , hati , daging berwarna merah , ikan berwarna merah dan kacang – kacangan . – Untuk diet : Pilihlah beras pecah kulit dan kombinasikan dengan sa daging / hati saus kecap serta cah saw putih dan kacang tolo .

4 . SENG .

Seng sangat diperlukan untuk per tumbuhan serta untuk memua nyembuhan luka . Keperluan soy nita dewasa akan zat seng ada asa akan zat seng adalah 10 mg sehari .

Sumber Utama :

Kerang keran udang , kepiting , hati , telur , biji – bijian .

Namun yang terakhir disebut ini , selain mengandung zat seng juga mengandung zat phytate dan zat inilah yang menyebabkan seng sulit diserap . – Untuk diet : Kombinasikan nasi dengan sate korang / udang bumbu kecap dan orak – arik wortel .

5 . AIR

Air merupakan zat vital dalam kehi – dupan kita . Ingatlah bahwa 60 % tubuh kita terdiri atas air . Selain itu air juga sangat penting untuk mengatur suhu tubuh serta untuk menghilangkan zat – zat yang tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh .

• Sumber utama :

Air minum , buah buahan dan sayur – sayuran segar serta makanan lainnya . – Untuk diet : Minumlah air putih ( tanpa gula ) sebanyak 6 sampai 8 gelas sehari .

Baca Juga : Ini Dia Peyebab Rambut Beruban Di Usia Muda Dan Cara Mengatasinya

BERAPA KALORI UNTUK SUATU PEKERJAAN ?

Mengatur tempat tidur……….. 3.0

Naik sepeda……………………….. 2.5

Bertukang…………………………. 2,3

Membersihkan kayu……………. 2,6

Menari …………………………….. 3,8

Mencuci piring……………………. 2.0

Ganti pakaian ……………………. 0,7

Menyetir mobil…………………… 0,9

Makan………………………………. 0,4

Gerak badan sangat ringan…… 0,9

Ringan………………………………. 1,4

Sedang……………………………… 3,1

Berat………………………………… 5,4

Sangat berat………………………. 7,6

Berkebun………………………….. 3,9

Bermain golf………………………. 1,5

Seterika baju……………………… 1,0

Bekerja di lab……………………… 2,1

Mencuci pakaian tiduran……… 1,3

Bermain music……………………. 1,5

Mengupas sauran……………….. 0,6

Menulis…………………………….. 0,4

Melukis…………………………….. 0,4

Bermain piano……………………. 1,4

Membaca………………………….. 0,4

Mendayung……………………….. 9,8

Berlari………………………………. 7,0

Menjahit dengan tangan………. 0,4

Menjahit dengan mesin……….. 0,4

Menyanyi keras………………….. 0,8

Duduk diam……………………….. 0,4

Berdiri tegak………………………. 0,4

Berdiri santai……………………… 0,5

Menyapu…………………………… 1,4

Sumber : Edi Sigar & Ernawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Batu Kandung Empedu - Penyebab, Penegahan Dan Pengobatannya

Batu Kandung Empedu – Penyebab, Penegahan Dan Pengobatannya

BATU KANDUNG EMPEDU Batu Kandung Empedu – Penyebab, Penegahan Dan Pengobatannya – Penyakit batu empedu atau cholelithiasis adalah kondisi yang ditandai dengan sakit perut mendadak akibat terbentuknya batu di dalam kantung empedu. Penyakit batu empedu juga bisa terjadi di saluran empedu. Kantung empedu adalah organ berukuran kecil yang terletak di bawah organ hati. Organ ini mampu memproduksi […]

Ini Dia Ramuan Untuk Mengobati Penyakit Batu Ginjal

Ini Dia Ramuan Untuk Mengobati Penyakit Batu Ginjal

BATU GINJAL Ini Dia Ramuan Untuk Mengobati Penyakit Batu Ginjal – Penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis adalah pembentukan materi keras menyerupai batu yang berasal dari mineral dan garam di dalam ginjal. Batu ginjal dapat terjadi di sepanjang saluran urine, dari ginjal, ureter (saluran kemih membawa urine dari ginjal menuju kandung kemih), kandung kemih, serta uretra (saluran kemih yang membawa […]

Shares
error: Content is protected !!