Ini Dia Tanaman Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ini Dia Tanaman Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Aswagandha ( Withania somnil)

 Ini Dia Tanaman Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh – Asal – usul shania somnifera ini berasal dari India. Tanaman aswagandha dengan nama bolaninama ilmiah Bagian tanaman yang digunakan Akar dan daun . Deskripsi Jauh sebelum asandha sudah lahir ajaran Budha , Yoga dan Kristen , digunakan sebagai tanaman herbal untuk pengobatan di India . Dewasa ini , setelah beribu – ribu tahun nenegunaannya secara terus menerus , aswagandha dianggap sebagai salah satu tanaman obat Ayurveda yang sangat bernilai harganya . Kadang – kadang disebut ” Ginseng India , ” aswagandha juga telah digunakan secara luas dalam berbagai bentuk untuk mengobati berbagai gangguan fisik . Akar dan daun tanaman ini diolah secara tradisional dalam berbagai cara , termasuk sebagai bubuk , minuman sirup , minyak dan plester .

Khasiat aswagandha

Belakangan telah dianjurkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti lepra , gangguan saraf , radang usus , penyakit yang ditularkan lewat hubungan seks , rematik , dan kehilangan berat badan yang tidak normal . Juga cukup populer digunakan oleh para dokter di India sebagai zat pembangkit gairah seksual . Setelah penggunaannya yang cukup lama di India , aswagandha telah diperkenalkan ke dunia Barat dan telah diterima dengan sangat antusias oleh komunitas ilmiah . Manfaatnya telah disebut sebagai amebacide ( pembasmi amuba ) , anodyne ( pereda sa sakit ) . bactericide ( pembasmi bakten ) . diuretic ( perangsang produksi urin ) emmenagogue ( perangsang haid ) , fungisida Pembasmi jamur ) , sedative ( penenang ) , dan tonikum .

Sebagai Obat Genetik

 Dilaporkan Juga bahwa aswagandha bermanfaat sebagai obat generik untuk enyembuhkan artritis , asma , kanker , jamur , influenza , batuk . adang saluran air seni , kondisi badan lemah , diare , demam gangguan reproduksi wanita , kejang – kejang , hipertensi , radang . encok , mual – mual , ambeien , radang anus , penyakit kulit , reumatik , cacing gelang , gatal – gatal , gangguan mental , cacar , bengkak bengkak , sipilis , TBC , tumor , radang usus dan luka – luka . Sementara mungkin tidak terlalu signifikan untuk mengatakan bahwa aswagandha mampu mencegah atau menyembuhkan semua gangguan mulai dari kejang – kejang hingga kanker , tidak diragukan bahwa ia memiliki sifat – sifat adaptasi gen yang mengesankan . Dengan program pemberian gizi yang baik , aswagandha mampu meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh .

Bahan Pokok Ayuverda

Ashwagandha merupakan bahan pokok dari ayuverda atau ilmu kesehatan yang berasal dari negara India. Tujuan utama pengobatan ayuverda adalah membantu orang tetap sehat tanpa harus menderita, memerlukan obat, atau harus menjalani operasi yang rumit.

Dalam pengobatan ayurveda, ashwagandha masuk dalam kategori “rasayana” yang memiliki peran mendukung kesehatan fisik dan mental, mempertahankan tubuh dari penyakit, dan memperlambat proses penuaan.

Baca Juga : Manfaat Jamur Sebagai Pengobatan Penyakit Kanker

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Alzheimer’s Research and Therapy, tanaman obat ayuverda telah menjadi sumber produktif untuk pengembangan obat-obatan.

Manfaatnya Untuk Kesehatan

Banyak tanaman yang digunakan oleh praktisi ayurveda, seperti ashwagandha, terbukti bermanfaat dalam meredakan jumlah masalah kesehatan.

Tanaman herba ini memiliki banyak kegunaan dan manfaat banyak sistem tubuh, termasuk sistem kekebalan tubuh, neurologis, endokrin dan reproduksi. Kini, ashwagandha telah diolah dalam bentuk kapsul, pil, atau bubuk sehingga lebih mudah dikonsumsi.

Menurut ahli diet Alex Caspero, RD, tanaman ini telah dipakai untuk mengobati banyak hal, mulai dari melawan stres hingga mengatasi rasa sakit.

Manfaat tradisional dan pengobatan lainnya 

• meningkatkan daya tahan terhadap stres ; dan

• meningkatkan daya tahan fisik .

Kadar keracunan , peringatan dan kontra – indikasi

Belum ada laporan tentang keracunan maupun efek samping : telah digunakan di India selama lebih dari 2500 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Ini Dia Tanaman Untuk Memulihkan Gangguan Usus

Ini Dia Tanaman Untuk Memulihkan Gangguan Usus

Cascara Sagrada ( Ki Urat Tombak )  Asal – usul Wilayah Utara Pasifik , Amerika Serikat  Bagian tanaman yang digunakan  Kulit yang dikeringkan .  Ini Dia Tanaman Untuk Memulihkan Gangguan Usus – ki urat tombak , yang juga dikenal sebagai ” kulit keramat . ” merupakan tanaman semak atau pohon kecil dengan kulitnya yang ! […]

Shares
error: Content is protected !!