Ini Dia Peyebab Rambut Beruban Di Usia Muda Dan Cara Mengatasinya

Ini Dia Peyebab Rambut Beruban Di Usia Muda Dan Cara Mengatasinya

Premature Greying

Ini Dia Peyebab Rambut Beruban Di Usia Muda Dan Cara MengatasinyaUban biasa muncul pada orang tua . Akan tetapi , ternyata uban dapat tumbuh lebih dini dari yang seharusnya . Seseorang yang beruban sebelum waktunya atau muncul lebih dini disebut premature greying . Gejala premature greying ialah mulai tampak gejala perubahan warna rambut yang memutih pada usia sebelum 20 tahun .

Dari mana datangnya uban ?

Uban muncul disebabkan oleh berkurangnya aktivitas sel melanosit . Sel melanosit adalah sel yang menghasilkan pigmen melanin . Memang , penurunan melanosit ini berlangsung sesuai dengan proses pertambahan usia . Melanosit berkurang menyebabkan proses memutihnya rambut . Apalagi jika pernah mengidap suatu penyakit yang me merlukan waktu penyembuhan yang cukup lama . Umumnya , uban mulai tumbuh di sekitar pelipis . Merembet ke wilayah atas atau puncak kepala , dan berakhir di rambut daerah tengkuk .

Faktor Genetika

Premature greying dapat disebabkan oleh faktor gen atau keturunan . Orang tua yang mengalami pertumbuhan uban secara dini , anaknya juga akan mengalami perubanan pada usia muda . Kekurangan vitamin B6 yang menyebabkan kekurangan butir darah merah , diabetes , autoimun seperti tiroid dan gangguan kelenjar gondok adalah penyebab lain uban datang lebih dini . Kekurangan gizi seperti kekurangan protein untuk pembentukan generasi sel adalah penyebab lain munculnya uban .

Faktor Stres

Berbagai pengaruh penggunaan bahan kimia atau obat – obatan juga menyebabkan rambut cepat memutih . Stres pun ditengarai sebagai pemicu cepat munculnya uban . Stres memengaruhi aktivitas hormon dan meningkatkan aktivitas autoimun yang berakibat uban datang lebih awal . Sebagai upaya pencegahan uban datang lebih awal yang terbaik adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi protein .

Baca Juga : Ini Dia Faktor Penyebab Frigiditas Pada Wanita Yang Perlu Diketahui

Suplemen Antiuban

Suplemen antiuban juga dapat dimanfaatkan untuk membantu mencegah proses tumbuhnya uban . Vitamin B kompleks , vitamin B5 , asam ftalat , dan lain – lain mencegah proses munculnya uban akibat kekurangan nutrisi . Nutrisi dari beberapa vitamin ini dapat memberi wama hitam pada rambut . Beberapa jenis makanan yang kaya vitamin B seperti gandum , beras , hati ayam , hati sapi juga dap membantu . Vitamin E sebaiknya juga dikonsumsi sebab tamin ini merangsang sirkulasi darah di kulit kepala . Uban dapat lebih cepat tumbuh karena sirkulasi darah kulit kepale tidak lancar . Masase dan crembath dapat dimanfaatkan tuk membantu sirkulasi darah di kulit kepala .

Masker Rambut

Masker rambut dengan telur dapat dijadikan alternatif untuk mencegah datangnya uban terlalu dini . Bagaimana cara membuat masker rambut dari telur untuk mencegah uban. Ambil 1 butir telur ayam kampung , pisahkan antara kuning telur dan putih telur , ambil yang putih telur saja . Campur putih telur dengan air dan sedikit garam . Oleskan campuran tadi di kulit kepala sambil dipijat menggunakan ujung jari . Diamkan 2 – 3 jam , lalu bilas dengan air bersih . Lakukan hal ini rutin seminggu 2 kali , niscaya bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya rambut putih atau uban .

Daun rambutan

Tak banyak orang yang tahu jika daun rambutan bisa digunakan untuk menghilangkan uban dengan cepat sekaligus membuat rambut yang tumbuh berwarna hitam. Namun, jika Anda ingin membuktikan hal tersebut benar atau tidak, tak ada salahnya Anda mencoba untuk mengatasi uban dengan memanfaatkan daun rambutan.

Caranya

Anda hanya perlu membuat masker rambut dari daun rambutan. Pertama, ambil daun secukupnya dan blender daun tersebut hingga lembut. Lalu ambil sarinya. Gunakan sari daun rambutan untuk masker rambut Anda. Setelah Anda mendiamkannya beberapa saat, barulah Anda bisa membilas rambut dengan air hangat.

Sumber : Joko Suryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Batu Kandung Empedu - Penyebab, Penegahan Dan Pengobatannya

Batu Kandung Empedu – Penyebab, Penegahan Dan Pengobatannya

BATU KANDUNG EMPEDU Batu Kandung Empedu – Penyebab, Penegahan Dan Pengobatannya – Penyakit batu empedu atau cholelithiasis adalah kondisi yang ditandai dengan sakit perut mendadak akibat terbentuknya batu di dalam kantung empedu. Penyakit batu empedu juga bisa terjadi di saluran empedu. Kantung empedu adalah organ berukuran kecil yang terletak di bawah organ hati. Organ ini mampu memproduksi […]

Ini Dia Ramuan Untuk Mengobati Penyakit Batu Ginjal

Ini Dia Ramuan Untuk Mengobati Penyakit Batu Ginjal

BATU GINJAL Ini Dia Ramuan Untuk Mengobati Penyakit Batu Ginjal – Penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis adalah pembentukan materi keras menyerupai batu yang berasal dari mineral dan garam di dalam ginjal. Batu ginjal dapat terjadi di sepanjang saluran urine, dari ginjal, ureter (saluran kemih membawa urine dari ginjal menuju kandung kemih), kandung kemih, serta uretra (saluran kemih yang membawa […]

Shares
error: Content is protected !!