Ini Dia Penyebab, Gejala Dan Obat Herbal Penyakit Eksim

Ini Dia Penyebab, Gejala Dan Obat Herbal Penyakit Eksim

EKSIM

Ini Dia Penyebab, Gejala Dan Obat Herbal Penyakit EksimEksim adalah kelainan kulit dengan ciri peradangan atau bengkak, kemerahan, dan rasa gatal. Walaupun tidak menular, kelainan ini menyebabkan rasa tidak nyaman pada bagian kulit yang terkena. Eksim umumnya terjadi pada masa kanak-kanak, misalnya pada bayi dan anak usia muda. Pada awitannya, bagian-bagian kulit tertentu akan memerah, teriritasi, kering, dan bersisik. Beberapa kasus eksim bahkan dapat menyebabkan pembentukan lepuh yang nantinya akan mengeluarkan air. Pengeluaran air ini merupakan indikasi bahwa eksim sudah menjadi infeksi. Eksim (Eczema) juga dikenal sebagai dermatitis.

Penyebab Eksim

Para ahli percaya bahwa penyebab eksim adalah ketidakmampuan kulit dalam melakukan perbaikan terhadap kerusakan sehingga kulit menjadi rawan terhadap kuman dan bakteri. Mereka menyatakan bahwa ketidakmampuan ini disebabkan oleh mutasi pada sebuah gen bernama filaggrin. Dermatitis juga dikaitkan dengan respon imun yang terlalu aktif terhadap suatu iritan. Gejala pada eksim merupakan respon tubuh terhadap suatu iritasi sehingga menimbulkan kekambuhan dan ruam. Eksim juga umumnya terjadi pada keluarga dengan riwayat asma dan alergi.

faktor risiko yang dapat memicu eksim, yaitu:

  • Stress
  • Rasa panas dan keringat berlebih
  • Rasa dingin dan iklim kering
  • Kulit kering
  • Kontak dengan bahan-bahan kasar dan iritan seperti sabun dan kain sintetis
  • Demam atau infeksi saluran nafas atas

Gejala dan Jenis Eksim

Eksim bisa menyerang wajah, leher, siku, pergelangan tangan, daerah kelamin, lutut, dan pergelangan kaki. Di mana pun daerah kulit yang terserang, ciri utama kelainan ini adalah rasa gatal. Terkadang rasa gatal dapat muncul bahkan sebelum ada ruam. Daerah kulit yang terserang akan terlihat kering, tebal, atau bersisik. Pada awalnya, ruam akan berwarna merah kemudian akan berubah menjadi kecokelatan. Lepuh bisa terjadi ketika ruam tersebut terkena infeksi. Setelah berair, lepuh tersebut akan berubah menjadi koreng dan kupasan kulit.

Baca Juga : Ini Dia Penyebab Gejala Dan Cara Mengobati Gigitan Lebah

Diagnosis

Eksim dapat dilakukan oleh dokter anak, dokter kulit, atau dokter umum/ dokter keluarga. Pada umumnya tidak ada uji diagnostik atau klinik yang pasti untuk mendiagnosis kelainan ini. Namun hanya dengan melihat gejala (ruam) dan menanyakan beberapa pertanyaan, biasanya seorang dokter dapat membuat diagnosis eksim. Untuk kasus dermatitis parah biasanya diberikan pengobatan tar seperti fototerapi ultraviolet dan penekan sistem imun seperti siklosporin. Alternatif lain yang dapat dipilih adalah pengobatan menggunakan psikodermatologi, yaitu cabang ilmu baru di dermatologi sebagai pendekatan alternatif terhadap penyakit kulit menggunakan teknik psikologi seperti relaksasi dan hipnosis.

Pengobatan Eksim

Herbal Penyakit Eksim – Jika mengidap eksim, sebaiknya Anda melakukan perawatan kulit dengan benar. Berikut ini beberapa tips tambahan untuk mengendalikan dan mengatasi dampak eksim terhadap kehidupan Anda sehari-hari:

  • Jangan mandi menggunakan air panas
  • Cegah perubahan suhu atau kelembaban yang mendadak atau ekstrem
  • Kurangi stres
  • Selalu gunakan sabun dan sampo hipoalergenik dan jangan gunakan sabun dengan bahan-bahan kasar
  • Setelah selesai mandi, keringkan tubuh dengan menekan-nekankan handuk ke kulit perlahan-lahan (jangan menggosokkan handuk)
  • Jangan memanaskan atau mendinginkan kulit berlebihan
  • Gunakan hanya bahan-bahan lembut (100%) dan jangan gunakan poliester, bahan dari bulu domba, atau bahan dari akrilik.

Ramuan Herbal

Bahan

  • Buah pinang yang sudah tua 1 / 2 biji
  • Kunyit 1 jari tangan
  • Kulit tanaman kamboja 3 jari tangan
  • Belerang halus 1 sendok teh
  • Minyak kelapa 1 / 3 gelas

Cara meramu: Kunyit dikupas dan diparut . Kulit tanaman kemboja dan pinang diiris tipis . Masak semua bahan dengan minyak kelapa selama 10 menit , lalu angkat dan saring . Setelah dingin , tambahkan bubuk belerang sambil diaduk hingga rata dan masukkan ke dalam botol steril .

Sumber : Puspa Lingga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Ini Dia Penyebab Anda Sering Mengalami Gangguan Panik

Ini Dia Penyebab Anda Sering Mengalami Gangguan Panik

Gangguan Panik Gangguan panik adalah kondisi yang tergolong ke dalam gangguan kecemasan yang ditandai dengan terjadinya serangan panik secara tiba-tiba, kapan dan di mana saja, serta dialami berulang-ulang. Baca juga : Ini Dia Gejala Dan Pengobatan Neuropati Serta Cara Pencegahannya Gejala Gangguan Panik Gejala gangguan ini umumnya mulai dialami di akhir masa remaja atau di awal […]

Ini Dia Gejala Dan Pengobatan Neuropati Serta Cara Pencegahannya

Ini Dia Gejala Dan Pengobatan Neuropati Serta Cara Pencegahannya

Neuropati Neuropati adalah kerusakan saraf yang diakibatkan oleh berbagai kondisi seperti diabetes dan bahkan perawatan seperti kemoterapi. Ketika neuropati hanya menyebabkan kerusakan pada satu saraf, kondisi tersebut dikenal dengan sebutan mononeuropathy. Namun, yang paling sering terjadi adalah beberapa saraf juga ikut terpengaruh, sehingga kondisi ini disebut juga sebagai polyneuropathy. Gejala polyneuropathy tergantung pada apakah ada […]

Shares
error: Content is protected !!