Ini Dia Penyebab Gejala Dan Cara Mengobati Penyakit Flu Tulang

Ini Dia Penyebab Gejala Dan Cara Mengobati Penyakit Flu Tulang

FLU TULANG

Ini Dia Penyebab Gejala Dan Cara Mengobati Penyakit Flu Tulang – Rasa nyeri pada bagian sendi dan disertai demam, terkadang diartikan sebagai flu tulang. Di dalam dunia medis sebenarnya tidak ada istilah flu tulang. Namun, beberapa penyakit seperti Chikungunya dan osteomelitis, tidak jarang disebut sebagai flu tulang. 

Memahami Penyakit Chikungunya

Ini Dia Penyebab. Chikungunya disebabkan oleh virus yang ditularkan dari nyamuk yang sudah terinfeksi kepada manusia. Nyamuk yang dapat menularkan virus ini adalah nyamuk Aedes albopictus dan Aedes aegypti.  Chikungunya terkadang juga diklasifikasikan ke dalam virus rematik karena efeknya terhadap sendi. Chikungunya sering dianggap sebagai flu tulang karena memengaruhi persendian.

Virus genus Alphavirus yang ditularkan oleh nyamuk tersebut, dapat membuat seseorang yang terinfeksi mengalami beberapa gejala berupa:

  • Demam hingga 40Celcius dan sendi membengkak.
  • Merasakan kelelahan, pusing, sakit otot, mual, dan timbul ruam-ruam di kulit.
  • Muncul rasa sakit pada sendi bagian pergelangan kaki, punggung bawah, lutut, antar tulang jari, atau pergelangan tangan.

Baca Juga : Ini Dia Penyebab, Gejala Dan Obat Herbal Penyakit Eksim

Mengenali Osteomelitis

Berbeda dengan Chikungunya, osteomelitis yang merupakan infeksi tulang disebabkan oleh bakteri yang menyerang tulang. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga dapat terserang penyakit ini. Biasanya, bagian tulang yang terinfeksi adalah tulang yang memiliki ukuran panjang, seperti tulang kaki dan lengan pada anak-anak, serta tulang kaki, panggul, dan tulang belakang pada orang dewasa.

Gejala

Osteomelitis biasanya ditandai dengan beberapa gejala, seperti:

  • Nyeri di bagian yang terinfeksi dan munculnya bercak kemerahan, disertai dengan demam dan meriang.
  • Merasakan tidak enak badan, bagian yang terinfeksi akan tampak mengering, membengkak, kaku atau mengalami kelumpuhan.
  • Demam dan sakit pada bagian tulang yang merupakan bagian dari gejala penyakit ini membuatnya terkadang diartikan sebagai flu tulang.

Ramuan Untuk Mengobati

Bahan ·

  • Rimpang jahe 14 – 159 .
  • Kulit batang srikaya 4 – 5 g
  • Kulit batang kelor 4 – 59 .
  • Air jeruk nipis 3 – 5 cc
  • Air hangat 20 – 30 ml

Cara meramu

  • Rimpang jahe , kulit batang srikaya , dan kulit batang kelor ditumbuk sampai agak halus , lalu ditetesi air jeruk dan air hangat .
  • Aturan pakai Balurkan ramuan pada badan yang sakit 2 – 3 kali sehari .

Sumber : Arief Hariana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Ini Dia Penyebab Gatal Pada Kepala Dan Cara Mengatasinya

Ini Dia Penyebab Gatal Pada Kepala Dan Cara Mengatasinya

GATAL-GATAL DI KEPALA Ini Dia Penyebab Gatal Pada Kepala Dan Cara Mengatasinya – Gatal kulit adalah gejala yang mudah untuk dikenali – sehingga perasaan yang mengganggu dan dorongan yang tidak dapat ditolak untuk menggaruk hampir tidak mungkin untuk diabaikan. Ini juga sangat umum. Ini kerap disebabkan oleh ketombe. Ketika kulit kepala Anda menjadi teriritasi oleh […]

Ini Dia Penyebab Gatal Gatal Pada Tubuh Dan Obatnya

Ini Dia Penyebab Gatal Gatal Pada Tubuh Dan Obatnya

Penyebab gatal-gatal Ini Dia Penyebab Gatal Gatal Pada Tubuh Dan Obatnya – Gatal-gatal biasanya disebabkan oleh kulit kering. Namun, rasa gatal juga dapat muncul akibat penyakit atau kelainan. Kadang-kadang, rasa gatal bisa menjadi pertanda adanya kelainan sistem pada tubuh, seperti hati, ginjal, serta kelainan darah. Ini Dia Penyebab. Selain kulit kering dan penyakit dalam tubuh, […]

Shares
error: Content is protected !!