Ini Dia Penyebab Dan Penyebaran Kaki Gajah Serta Cara Meredakannya

Ini Dia Penyebab Dan Penyebaran Kaki Gajah Serta Cara Meredakannya

Filariasis atau kaki gajah

Ini Dia Penyebab Dan Penyebaran Kaki Gajah Serta Cara Meredakannya – Pembengkakan tungkai akibat infeksi cacing jenis filaria. Cacing ini menyerang pembuluh getah bening dan ditularkan melalui gigitan nyamuk. Penyakit kaki gajah masih ada di Indonesia, terutama di daerah Papua, Nusa Tenggara Timur, Jawa Barat, dan Nanggroe Aceh Darussalam. Menurut data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, tercatat hampir 13.000 kasus kaki gajah di Indonesia. Selain tungkai, bagian tubuh lain, seperti organ kelamin, lengan, dan dada, juga dapat mengalami pembengkakan. Sebelum timbul pembengkakan, penyakit kaki gajah tidak menimbulkan gejala yang spesifik, sehingga pengobatannya sering kali terlambat.

BACA juga : Jual Essenzo Essential Oil Lemon Untuk Anti Bakteri

Penyebab dan Penularan Kaki Gajah

Ini Dia Penyebab Dan – Penyakit kaki gajah atau filariasis disebabkan oleh infeksi cacing jenis filaria pada pembuluh getah bening. Cacing ini dapat menular dari satu orang ke orang lain melalui gigitan nyamuk. Walaupun menyerang pembuluh getah bening, cacing filaria juga beredar di pembuluh darah penderita kaki gajah. Jika penderita kaki gajah digigit oleh nyamuk, cacing filaria dapat terbawa bersama darah dan masuk ke dalam tubuh nyamuk. Lalu bila nyamuk ini menggigit orang lain, cacing filaria di tubuh nyamuk akan masuk ke dalam pembuluh darah dan pembuluh getah bening orang tersebut. Cacing filaria kemudian akan berkembang biak di pembuluh getah bening dan menyumbat peredaran getah bening, hingga menyebabkan kaki gajah.

Beberapa jenis cacing filaria

Menyebabkan filariasis atau kaki gajah adalah Wuchereria bancrofti, Brugia malayi, dan Brugia timor. Sedangkan jenis nyamuk penyebar cacing filaria adalah nyamuk jenis Culex, Aedes, Anopheles, dan Mansonia.

Melihat cara penularannyaTinggal di lingkungan endemik kaki gajah.

  • Tinggal di lingkungan yang tingkat kebersihannya buruk.
  • Sering digigit nyamuk atau tinggal di lingkungan yang banyak nyamuk.

Penyebaran Kaki Gajah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, nyamuk adalah perantara dari penularan penyakit kaki gajah. Penularan kaki gajah dimulai ketika nyamuk terinfeksi larva cacing gelang ketika mereka mengambil makanan darah dari manusia yang terinfeksi. Nyamuk kemudian menggigit orang lain dan menyebarkan larva ke aliran darah orang tersebut. Akhirnya, larva cacing bermigrasi ke limfatik melalui aliran darah dan matang di sistem getah bening. Sarang cacing akan bersarang di pembuluh limfatik dan mengganggu fungsi normal sistem limfatik. Cacing dapat hidup selama sekitar 6–8 tahun dan selama masa hidupnya cacing akan menghasilkan jutaan mikrofilaria (larva imatur) yang bersirkulasi dalam darah. Filariasis limfatik ditularkan oleh berbagai jenis nyamuk misalnya oleh nyamuk Culex yang biasanya  tersebar luas di daerah perkotaan dan semi-perkotaan. Nyamuk anopheles yang umumnya ditemukan di daerah pedesaan dan Aedes yang habitat terbesarnya ada di Pasifik

Kaki Gajah

Kaki gajah dikenal juga sebagai elephantiasis atau filariasis limfatik disebabkan oleh cacing parasit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk. Kaki gajah bisa menyebabkan pembengkakan pada skrotum, kaki, atau payudara. Kaki gajah ini bisa dikatakan sebagai penyakit tropis terabaikan. Sebab, penyakit inu lebih sering terjadi di wilayah tropis dan subtropis di dunia, seperti Afrika dan Asia Tenggara.  Kaki adalah area yang paling sering terkena penyakit kaki gajah. Pembengkakan dan pembesaran bagian tubuh akibat kaki gajah dapat menyebabkan masalah rasa sakit dan mobilitas. Kulit kaki, skrotum, atau payudara yang terkena akan mengalami gejala seperti kering, tebal, ulserasi, warna yang lebih gelap dari biasanya dan muncul bintik-bintik. Beberapa orang mengalami gejala tambahan, seperti demam dan kedinginan.

Bagaimana Cara Penyebaran Penyakit Ini?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, nyamuk adalah perantara dari penularan penyakit kaki gajah. Penularan kaki gajah dimulai ketika nyamuk terinfeksi larva cacing gelang ketika mereka mengambil makanan darah dari manusia yang terinfeksi. Nyamuk kemudian menggigit orang lain dan menyebarkan larva ke aliran darah orang tersebut. Akhirnya, larva cacing bermigrasi ke limfatik melalui aliran darah dan matang di sistem getah bening. Sarang cacing akan bersarang di pembuluh limfatik dan mengganggu fungsi normal sistem limfatik. Cacing dapat hidup selama sekitar 6–8 tahun dan selama masa hidupnya cacing akan menghasilkan jutaan mikrofilaria (larva imatur) yang bersirkulasi dalam darah.

Pengobatan Kaki Gajah

Salah satu jenis obat-obatan yang sering diresepkan untuk mengobati kaki gajah adalah  diethylcarbamazine (DEC). Pengidap kaki gajah akan menerima obat ini dalam setahun sekali untuk membunuh cacing mikroskopis yang hidup pada aliran darah. Cara lain untuk mengobati kaki gajah adalah dengan menggunakan DEC yang dikombinasikan dengan obat yang disebut ivermectin. Obat ini juga dikonsumsi setahun sekali dan kombinasi ini telah menunjukkan hasil jangka panjang yang lebih baik.

Cara Meredakan:

  • Cuci dan keringkan area yang bengkak setiap hari.
  • Gunakan pelembab.
  • Periksa luka dan gunakan krim obat pada titik-titik yang sakit.
  • Berolahraga dan berjalan jika memungkinkan.
  • Jika lengan atau kaki bengkak, jaga agar posisinya tetap tinggi ketika berbaring atau duduk.
  • Kamu dapat membungkus bagian yang sakit dengan erat untuk mencegah agar tidak semakin parah, tapi sebaiknya periksakan ke dokter sebelum melakukan hal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Inilah Penyebab Usus Buntu Dan Cara Mengobati Dirumah

Inilah Penyebab Usus Buntu Dan Cara Mengobati Dirumah

Inilah Penyebab Usus Buntu Dan Cara Mengobati Dirumah – Penyakit usus buntu adalah peradangan yang terjadi pada usus buntu atau apendiks. Usus buntu merupakan organ berbentuk kantong kecil dan tipis, berukuran sepanjang 5 hingga 10 cm yang terhubung pada usus besar. Saat menderita radang usus buntu, penderita dapat merasa nyeri di perut kanan bagian bawah. […]

Apa Itu Penyakit Gabag, Penyakit Yang Menyerupai Dan Cara Mengobati

Apa Itu Penyakit Gabag, Penyakit Yang Menyerupai Dan Cara Mengobati

GABAG Apa Itu Penyakit Gabag, Penyakit Yang Menyerupai Dan Cara Mengobati – Penyakit Campak dan Berbagai Penyakit Yang Menyerupai Saat anak demam dan timbul bercak merah di seluruh badan seringkali dianggap penyakit campak (gabag, karumut). Padahal tidak harus selalu demam yang disertai bercak merah adalah campak. Penyakit Yang Menyerupai Exantema Subitum. Kelainan yang disebabkan karena infeksi virus […]

error: Content is protected !!