Ini Dia Khasiat Atau Manfaat Temu Putih Untuk Kesehatan

Ini Dia Khasiat Atau Manfaat Temu Putih Untuk Kesehatan

Temu Putih Curcuma zeodaria ( Berg ) Roscoe

Ini Dia Khasiat Atau Manfaat Temu Putih Untuk Kesehatan – Klasifikasi Banyak tumbuh di Pulau Sumatra dan Jawa . Dapat mencapai tinggi 2 meter , rimpang putih , bagian dalam kuning muda , rasanya pahit . Daun ungu gelap , bunga putih atau kemerah – merahan . Temu putih disebut juga Curcuma zeo daria ( Berg ) Roscoe , termasuk famili tumbuhan Zingiberace de . Tanaman ini dikenal dengan nama obat patennya Leilipien atau Pao Kwo Tan .

Sifat Kimia

Temu putih kaya akan kandungan kimia yang sudah di ketahui , yaitu cincole , camphene , zingiberene , borneol , camphor dan resin serta curcuminoid dan cardione yang berkhasiat antikanker .

Baca Juga : Manfaat Dan Khasiat Haver Sebagai Penambah Gairah Seksual

Efek Farmakologis

Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional Jain , disebutkan bahwa tanaman ini memiliki sifat anti inflamasi , hemostatik melancarkan sirkulasi darah , fibri nolisis ( menghancurkan bekuan darah ) , antineoplastik . Bagian Tanaman yang Digunakan Efek farmakologis didapat dari penggunaan rimpang dan daun .

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat temu putih untuk kesehatan tubuh…

1. Mengobati Masuk Angin

Gejala masuk angin seperti perut kembung bisa diatasi dengan jamu temu putih. Caranya, rebus temu, saring. Minum air rebusan tadi selagi masih hangat. Memiliki rasa yang pahit, untuk menguranginya Anda bisa menambahkan madu.

2. Menambah Nafsu Makan

Nafsu makan mudah menurun terutama untuk anak-anak dan orang tua. Jika dibiarkan tubuh akan kekurangan nutrisi dan mengganggu pertumbuhan pada anak. Selain itu, tubuh juga akan kekurangan energi dan bisa menghalangi aktifitasnya. Meminum air rebusan temu putih bisa  mengatai masalah tersebut, karena bisa membantu memulihkan nafsu makan yang menurun.

3. Mengatasi Gangguan Seksual

Antioksidan yang terkandung didalamnya bisa membantu pria dan wanita mengatasi masalah seksual. Temu putih bisa menyembuhkan disfungsi ereksi pada laki-laki, memperkuat otot-otot Rahim untuk membantu memudahkan proses melahirkan serta menjadi afrodisiak.

4. Detoksifikasi Tubuh

Nutrisi dan zat gizi yang terkandung di dalam temu putih bisa digunakan untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan membersihkan serta memurnikan darah. Hal ini sangat baik untuk kesehatan karena bisa membantu dalam meregenerasi sel dan baik untuk sistem kekebalan tubuh.

5. Mengobati Miom

Penyakit miom termasuk tumor jinak yang tumbuh di dinding rahim. Pada sebagian wanita penyakit ini bisa menyebabkan pendarahan berat, rasa tidak nyaman di bagian panggul, serta bisa menekan organ-organ yang ada didekatnya. Miom uteri bisa membahayakan kehamilan karena. Untuk mengatasi penyakit ini Anda bisa menggunakan ramuan dari temu putih. Caranya rebus temu dan temu mangga, minum ramuan tersebut 3 kali sehari setelah makan.

6. Melancarkan Peredaran Darah

Senyawa kimia yang terkandung di dalam temu putih mampu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Karena jika peredaran darah tidak lancar bisa menyebabkan penyakit, terutama peredaran darah ke otak.

7. Memulihkan Kesehatan

Tubuh kurang sehat bisa mengganggu aktifitas sehari-hari. Apalagi bagi mereka yang baru sembuh dari penyakit pasti harus memulihkan kesehatannya. Kandungan pati yang tinggi pada temu putih sangat efektif untuk mengatasi hal terebut karena berfungsi untuk memulihkan kesehatan.

 8. Menurunkan Panas Demam

Suhu di dalam tubuh bisa diatur dengan cara meminum ramuan dari temu putih. Hal tersebut sangat baik bagi penderita demam, karena tidak perlu meminum obat kimia penurun panas.

9. Mengurangi Bau Napas

Bau napas kurang sedap memang sangat mengganggu. Penderita akan merasa kurang percaya diri jika harus berhadapan dengan orang. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa mengunyah temu putih secara langsung. Akan tetapi kupas kulitnya dan bersihkan terlebih dahulu.

10. Mengobati Maag

Maag biasa terjadi karena pola makan yang tidak teratur ataupun mengonsumsi makanan yang bisa memicu asam lambung meningkat. Ada banyak cara tradisional untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya adalah dengan meminum air rebusan temu putih yang dicampur dengan madu. Minum selagi masih hangat.

Sumber : Joko Suryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

10 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

10 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Jahe Zingiber officinales  10 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Dan Pengobatan – Jahe memiliki nama ilmiah Zingiber officinales, digunakan sebagai bumbu dapur maupun obat-obatan.  halia (Aceh), bahing (Batak karo), sipadeh atau si-podeh (Sumatra Barat), jahi (Lampung), jae (Jawa), jahe (Sunda), jhei (Madura), pese (Bugis), dan lali (Irian  ) . Jahe tergolong tanaman herba, tegak, dapat men- […]

Shares
error: Content is protected !!