Ini Dia Gejala Penyebab Dan Cara Menangani Kejang

Ini Dia Gejala Penyebab Dan Cara Menangani Kejang

Kejang

Ini Dia Gejala Penyebab Dan Cara Menangani Kejang – Kejang adalah gangguan aktivitas listrik di otak. Kondisi ini sering kali ditandai oleh gerakan tubuh yang tidak terkendali dan disertai hilangnya kesadaran. Kejang bisa menjadi tanda adanya penyakit pada otak, atau kondisi lain yang memengaruhi fungsi otak. Masyarakat cenderung menganggap, kejang selalu ditandai dengan tubuh yang bergetar tidak terkendali. Anggapan tersebut kurang tepat, karena pada beberapa kondisi, kejang hanya memunculkan gejala berupa tatapan mata yang kosong.

Penyebab Kejang

Kejang disebabkan oleh gangguan pada aktivitas listrik, di satu atau seluruh area otak. Gangguan tersebut dapat dipicu oleh penyakit di otak, atau kondisi lain yang secara tidak langsung memengaruhi fungsi otak. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat menimbulkan kejang:

Gangguan pada otak

  • Epilepsi
  • Tumor otak
  • Stroke
  • Meningitis (infeksi selaput otak)
  • Ensefalitis (infeksi otak)
  • Cedera otak pada bayi sewaktu melewati jalan lahir
  • Cedera kepala yang menyebabkan perdarahan di otak
  • Lumpuh otak atau cerebral palsy

Gejala Kejang

Kejang sering kali ditandai dengan kontraksi otot, yang disertai gerak menyentak pada seluruh tubuh. Namun sebenarnya, gejala kejang tidak selalu seperti itu. Penderita kejang bisa saja hanya menunjukkan tatapan mata yang kosong.

Baca Juga : Ini Dia Gejala Penyebab Dan Cara Mengatasi Kegemukan Atau Obesitas

Gejala yang muncul tergantung kepada area otak yang terdampak dan tingkat keparahannya. Pada kejang yang melibatkan satu area di otak, gejalanya meliputi:

  • Gangguan sensasi pada penglihatan, pendengaran, atau penciuman.
  • Gerakan berulang, seperti jalan berputar-putar.
  • Gerak menyentak pada salah satu lengan atau tungkai.
  • Perubahan suasana hati.
  • Pusing.
  • Kesemutan.

Cara Mengatasi

Untuk mengatasi kejang, dokter akan terlebih dahulu memberikan obat antikejang, agar kondisi pasien kembali stabil. Jenis dan dosis obat antikejang yang diberikan dapat berbeda pada tiap pasien. Setelah penyebab kejang diketahui, dokter akan memberikan penanganan sesuai penyebab tersebut. Penanganan yang diberikan meliputi obat-obatan, operasi untuk memperbaiki kelainan di otak, dan penanaman alat khusus untuk mengatur hantaran listrik di otak.

Bagi penderita kejang akibat epilepsi, dokter saraf juga akan menyarankan penderita untuk menjalani pola makan tinggi lemak dan rendah karbohidrat, yang disebut dengan diet ketogenik

Sumber : Arief hariana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Ini Dia Cara Mengobati Kulit Yang Tertusuk Duri

Ini Dia Cara Mengobati Luka Akibat Tertusuk Duri

Ini Dia Cara Mengobati Luka Akibat Tertusuk Duri – Ketika membiarkan anak bermain di luar rumah, ada banyak kejadian tak terduga yang harus siap dihadapi. Misalnya tertusuk duri atau kayu. Kelihatannya sih sepele. Namun, bagi beberapa anak mungkin akan terasa kesakitan. “Sembilan dari 10 kasus kemasukan serpihan kayu ini sebetulnya cuma kejadian ringan kita bisa […]

Simak Ini Dia Ciri Ciri Kram Perut Dan Pengobatannya

Simak Ini Dia Ciri Ciri Kram Perut Dan Pengobatannya

Simak Ini Dia Ciri Ciri Kram Perut Dan Pengobatannya – Kram perut adalah keluhan nyeri di perut yang terasa seperti kaku atau tegang pada otot perut dan otot-otot lain di sekitar perut. Umumnya, kram perut terjadi saat lapisan dinding perut atau organ yang ada di dalam rongga perut mengalami gangguan. Penyebab kram perut beragam, sehingga […]

Shares
error: Content is protected !!