Ini Dia Gejala Dan Cara Mengobati Gigitan Kelabang atau Lipan

Ini Dia Gejala Dan Cara Mengobati Gigitan Kelabang atau Lipan

DIGIGIT LIPAN

Ini Dia Gejala Dan Cara Mengobati Gigitan Kelabang atau Lipan – Lipan termasuk jenis hewan yang sangat ditakuti oleh semua orang. Kelabang bisa ditemukan di berbagai kondisi rumah baik rumah yang bersih atau kurang terawat. Kelabang akan berjalan dengan sangat cepat. Biasanya kelabang bisa dibasmi dengan beberapa cara termasuk dengan memukul dengan benda keras. Bagian yang paling menakutkan dari kelabang adalah gigitan yang sangat menyakitkan.

Gejala

Rasa sakit yang parah biasanya terjadi untuk orang yang baru saja digigit kelabang. Selain itu, pada bagian bekas gigitan kelabang sering menjadi bengkak dan berwarna gelap. Gejala ringan atau rasa sakit yang ringan biasanya akan sembuh selama dua hari, namun jika kelabang yang menggigit terlalu besar maka rasa sakit bisa menjadi lebih lama. Beberapa gejala lain dari gigitan kelabang adalah:

  • Sakit kepala
  • Gangguan pernafasan
  • Nyeri saat bernafas
  • penyebab dada sakit dan sesak
  • Denyut jantung yang lebih cepat
  • Mual dan muntah
  • Tubuh lemah

Jika berbagai kondisi dan gejala ini terjadi maka perawatan secara medis diperlukan untuk mencegah reaksi yang lebih parah.

Baca Juga : Ini Dia Gejala Penyebab Dan Cara Mengobati Gigitan Kalajengking

Cara Mengatasi Gigitan Kelabang

Ketika kelabang menggigit maka ada bagian jarum kecil yang ditusukan pada permukaan kulit. Tusukkan inilah yang menyebabkan rasa sakit parah saat terkena gigitan kelabang. Terlebih jika ukuran kelabang sudah besar, maka rasa sakit bisa menjadi lebih parah. Namun, jika kondisi ini terjadi maka bisa mengatasi reaksi sakit dengan cara:

  1. Bersihkan daerah bekas gigitan kelabang dengan sabun yang mengandung antiseptik.
  2. Kompres dengan air panas atau air dingin pada bagian gigitan kelabang untuk mengurangi rasa sakit pada bekas gigitan kelabang.
  3. Gunakan obat-obatan anti nyeri apabila bekas gigitan kelabang menimbulkan nyeri yang sangat parah.
  4. Gunakan krim atau salep yang mengandung hidrokortison apabila bekas gigitan kelabang menyebabkan penyakit kulitgatal dan ruam.
  5. Jika ada infeksi dari bekas gigitan kelabang maka bisa menggunakan beberapa jenis antibiotikyang didapatkan dari dokter.
  6. Ruam atau jaringan kulit yang rusak pada biasanya bisa sembuh sendiri namun menjaga kebersihan daerah sekitar gigitan kelabang sangat diperlukan.
  7. Bahaya gigitan kelabang juga bisa menyebabkan tetanus sehingga jika Anda belum pernah mendapatkan vaksin untuk mengatasi tetanus maka harus segera berkonsultasi ke dokter.

Ramuan Untuk Mengobati Gigitan Kelabang

Bahan

  • Herba krokot segar secukupnya

Cara meramu

  • Herba krokot dicuci bersih , lalu ditumbuk hingga halus dan diperas .
  • Aturan pakai Gunakan air perasan untuk mengoles luka bekas gigitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Ini Dia Penyebab Anda Sering Mengalami Gangguan Panik

Ini Dia Penyebab Anda Sering Mengalami Gangguan Panik

Gangguan Panik Gangguan panik adalah kondisi yang tergolong ke dalam gangguan kecemasan yang ditandai dengan terjadinya serangan panik secara tiba-tiba, kapan dan di mana saja, serta dialami berulang-ulang. Baca juga : Ini Dia Gejala Dan Pengobatan Neuropati Serta Cara Pencegahannya Gejala Gangguan Panik Gejala gangguan ini umumnya mulai dialami di akhir masa remaja atau di awal […]

Ini Dia Gejala Dan Pengobatan Neuropati Serta Cara Pencegahannya

Ini Dia Gejala Dan Pengobatan Neuropati Serta Cara Pencegahannya

Neuropati Neuropati adalah kerusakan saraf yang diakibatkan oleh berbagai kondisi seperti diabetes dan bahkan perawatan seperti kemoterapi. Ketika neuropati hanya menyebabkan kerusakan pada satu saraf, kondisi tersebut dikenal dengan sebutan mononeuropathy. Namun, yang paling sering terjadi adalah beberapa saraf juga ikut terpengaruh, sehingga kondisi ini disebut juga sebagai polyneuropathy. Gejala polyneuropathy tergantung pada apakah ada […]

Shares
error: Content is protected !!