Ini Dia Faktor Utama Pemicu Penyakit Asma Dan Obat Herbalnya

Ini Dia Faktor Utama Pemicu Penyakit Asma Dan Obat Herbalnya

ASMA

Ini Dia Faktor Utama Pemicu Penyakit Asma Dan Obat Herbalnya – Asma adalah penyakit kronis yang disebabkan oleh peradangan dalam saluran pernapasan. Peradangan membuat saluran pernapasan bengkak dan sangat sensitif. Akibatnya, saluran pernapasan menyempit sehingga udara yang masuk ke paru-paru jadi terbatas.

Peradangan juga membuat sel di saluran pernapasan membuat lebih banyak lendir dari biasanya. Lendir ini dapat makin mempersempit saluran pernapasan dan menyulitkan Anda untuk bernapas lega.

Tergantung faktor pemicunya, asma terdiri dari banyak jenis. Namun, jenis yang paling umum meliputi:

  • Asma olahraga
  • nokturnal (kambuh hanya di malam hari)
  • Asma karena pekerjaan tertentu
  • batuk
  • Asma alergi

Seberapa umumkah kondisi ini?

Penyakit pernapasan ini lebih sering menyerang anak-anak. Namun, orang dewasa yang berusia di bawah 40 tahun juga bisa mengalaminya.

Asma adalah salah satu penyakit tidak menular paling umum di seluruh dunia, dengan tingkat kematian yang relatif rendah. Namun, kebanyakan kasus kematiannya ditemukan di negara berpenghasilan rendah dan menengah ke bawah, termasuk Indonesia.

Anda bisa mencegah terkena penyakit asma dengan menghindari hal-hal yang memicu asma. Silakan berkonsultasi ke dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja ciri dan gejala asma?

Setiap pengidap asma mungkin merasakan gejala yang berbeda dengan intensitas nyeri yang berbeda pula. Bahkan, pemicu dan waktu kekambuhan gejala juga dapat berbeda-beda. Anda mungkin dapat mengalami serangan secara berkala setiap hari, hanya di malam hari, atau hanya setelah beraktivitas.

Secara umum, berikut beberapa tanda dan gejala asma paling khas yang perlu Anda waspadai.

Batuk

Batuk dapat berupa batuk kering maupun berdahak (berlendir). Umumnya batuk cenderung akan semakin parah pada malam hari dan membuat Anda sulit tidur.

Mengi

Mengi adalah suara berbunyi lirih seperti “ngik-ngik” yang terdengar setiap kali Anda bernapas. Bunyi ini terjadi karena udara dipaksa keluar melalui saluran pernapasan yang tersumbat.

Baca Juga : Ini Dia Beberapa Ramuan Alami Yang Digunakan Sebagai Anti Racun

Dada sesak

Saluran udara yang tengah meradang dan tersumbat menyebabkan dada terasa sesak atau sakit. Dada Anda mungkin terasa seperti ditekan atau ditindih dengan benda yang sangat berat.

Sesak napas

Saluran udara yang meradang dan tersumbat akan membuat sulit bernapas. Sulit bernapas lega kemudian dapat menyebabkan perasaan gelisah, yang mungkin makin memperburuk gejala ini.

Bahan

  • Jahe
  • Bawang putih tua 3 butir
  • Kayu cendana 1 / 2 jari tangan

Cara meramu

• Bakarjahe jangan sampai hangus . lalu kupas dan memarkan Kupas bawang putih dan iris tipis

• Rebus semua bahan dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 / 2 – nya

• Air rebusan disaring dan dimasukkan dalam botol yang steril .

Aturan pakai

  • Minum air rebusan 3 kali sehari dengan dosis sebagai berikut
  • Anak umur 5 – 8 tahun , masing – masing 3 sendok makan
  • Anak umur 9 – 12 tahun masing – masing 6 sendok makan .
  • Dewasa , masing – masing 8 sendok makan

Catatan

Walaupun sudah meminum ramuan ini penderita tetap harus menaati peraturan perawatan dan pantangan makan

pemicu asma yang paling umum:

Alergi

Alergi dan asma saling berkaitan satu sama lain. Sekitar 80 persen orang dengan kondisi ini mengalami alergi seperti alergi debu, bulu binatang, kecoa, hingga serbuk sari. Dalam kasus yang kurang umum, alergi makanan juga bisa jadi penyebab seseorang mengalami gejala dari penyakit pernapasan kronis ini.

Batuk

Batuk terus-terusan karena flu, rhintis kronis, sinusitis atau bronkitis sering kali berujung pada serangan asma. Oleh karena itu, bila Anda mengalami batuk berkepanjangan, ada baiknya segera periksa ke dokter spesialis paru-paru.

Olahraga terlalu berat

Aktivitas berat, termasuk olahraga, dapat memicu serangan asma bagi beberapa orang. Biasanya kondisi ini lebih mudah dialami oleh orang yang memang sebelumnya sudah punya riwayat penyakit ini. Meski begitu, tak menutup kemungkinan kalau orang yang tidak punya riwayat penyakit ini (termasuk atlet) justru mengalaminya hanya ketika mereka olahraga.

Paparan iritan

Paparan iritan seperti asap rokok, polusi udara, bahan kimia, atau debu di tempat kerja dapat membuat saluran pernapasan Anda lebih reaktif terhadap zat di udara. Akibatnya, Anda akan lebih mudah untuk mengalami penyakit peradangan saluran napas.

Obat-obatan tertentu

Sejumlah obat-obatan seperti obat NSAID hingga obat penyakit jantung beta blocker dapat memicu serangan asma. Bahkan tak jarang, efek samping obat-obatan tersebut dapat berakibat fatal bagi orang dengan kondisi ini.

Malam hari

Meningkatnya suhu udara, paparan alergen, posisi tidur berbaring, hingga produksi hormon tertentu pada malam hari dapat memicu serangan asma. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa kasus kematian akibat penyakit ini paling banyak terjadi di malam hari.

Sumber : Puspa Lingga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Ini Dia Tips Cara Menggunakan Lipstik Yang Benar

Ini Dia Tips Cara Menggunakan Lipstik Yang Benar

Bentuk Bibir Ini Dia Tips Cara Menggunakan Lipstik Yang Benar – Bila orang bertutur kata , bersenda gurau atau bersungut – sungut akan jelas tampak pada bibir sebagai awal dari ekspresi wajah . Pengaruh bentuk bibir sering dihubungkan dengan karakterisasi dari setiap pribadi . Tetapi apa yang tersurat atas penampilan belum pasti sesuai dengan yang […]

Shares
error: Content is protected !!