Ini Dia Faktor Resiko Dan Penyebab Penyakit Asam Urat

Ini Dia Faktor Resiko Dan Penyebab Penyakit Asam Urat

ASAM URAT

Ini Dia Faktor Resiko Dan Penyebab Penyakit Asam Urat – Ramuan Herbal

Bahan

  • Kapulaga 5 butir
  • Cengkih 5 butir
  • Jahe merah 15 g
  • kayu manis
  • Biji pala 5g
  • Lada 10 butir
  • Ubi jalar merah 200g
  • Air 1 . 000 cc

Cara meramu : Rebus semua bahan dengan 1 . 000 cc air hingga tersisa 500 CC . Aturan pakai: Minum air rebusannya dan makan ubi Jalarnya

Bahan

  • Kapulaga 5 butir
  • Jahe 15 g
  • Lada 10 butir
  • tipalo 5g
  • Kayu manis 1 jari
  • Air

Cara meramu : Rebus semua bahan dengan 400cc air hingga tersisa 200cc . Aturan pakai: Setelah dingin airnya diminum

Penyebab Asam Urat

Penyakit asam urat terjadi ketika kristal urat menumpuk di sendi, menyebabkan peradangan dan rasa sakit yang hebat dari serangan asam urat. Kristal urat dapat terbentuk ketika tubuh memiliki kadar asam urat yang tinggi dalam darah.

Penyebab asam urat

ketidakmampuan ginjal membuang asam urat secara tuntas dari tubuh melalui air seni. Sebagian kecil lainnya karena tubuh memproduksi asam urat secara berlebihan.
Asam urat sebetulnya diperlukan tubuh untuk membentuk inti-inti sel. Namun, yang diperlukan tubuh hanya sedikit. Sisanya dikeluarkan melalui usus (30%) dan ginjal (70%). Tingginya kadar asam urat dalam darah disebabkan sintesis asam urat berlebih, sedangkan ekskresi di ginjal sedikit.
Penyebab asam urat berlebih itu berpadu dengan natrium membentuk kristal natrium urat pada jaringan lunak persendian. Terbentuklah endapan yang disebut topus. Akibatnya terjadi peradangan-biasa disebut arthritis gout-akut yang ditandai rasa nyeri di persendian seperti pada lutut, jari tangan, jari kaki, dan pergelangan tangan.

Faktor Risiko Asam Urat

Seseorang lebih mungkin mengalami penyakit asam urat jika tubuhnya memiliki kadar asam urat yang tinggi. Berikut ini faktor-faktor yang meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh:

Makan Makanan yang Mengandung Banyak Purin

Makan makanan yang mengandung tinggi purin dapat memicu gejala asam urat. Tubuh memecah purin menjadi asam urat, dan beberapa makanan yang mengandung purin harus menjadi pantangan asam urat. Tetapi, tidak semua makanan berpurin harus dihindari. Berikut adalah makanan yang harus dihindari:

Daging dan Sebagian kecil Ikan

Makanan yang harus dihindari seperti jeroan, dan makanan laut; ikan kod, kerang, ikan sarden, teri, ikan salmon, dan ikan forel. Sementara makanan kaya purin lainnya yang patut dibatasi seperti; babi, daging babi asap, bebek, daging domba, daging sapi muda, dan daging rusa.

Alkohol

Selain makanan, minuman seperti alkohol dapat meningkatkan risiko asam urat dan memperburuk gejala asam urat. Ketika minum alkohol, ginjal harus bekerja untuk menghilangkan alkohol daripada asam urat. Kondisi ini dapat menyebabkan penumpukan asam urat di dalam tubuh, yang memicu asam urat.

Beberapa jenis alkohol seperti bir, juga mengandung purin. Jika cenderung mengalami asam urat, hindari semua jenis minuman beralkohol seperti, bir, anggur, dan minuman keras, termasuk cuka apel.

Minuman Manis

Selain alkohol, minuman manis juga dapat menyebabkan asam urat. Kondisi ini lebih sering terjadi pada orang dewasa yang obesitas. Minuman yang manis seperti jus buah mengandung banyak gula yang disebut fruktosa. Gula darah tinggi dikaitkan dengan jumlah asam urat yang lebih tinggi di dalam tubuh.

Jika menderita asam urat, hindari atau batasi minuman manis seperti soda, minuman yangn diperkaya gula, jus jeruk, minuman berenergi, jus buah dari konsentrat, jus buah segar, limun manis, dan es teh manis

Obesitas

Jika kelebihan berat badan atau obesitas, tubuh akan menghasilkan lebih banyak asam urat dan ginjal akan lebih sulit untuk menghilangkan asam urat.

Baca Juga : Ini Dia Beberapa Ramuan Alami Yang Digunakan Sebagai Anti Racun

Kondisi Medis

Penyakit dan kondisi medis tertentu juga dapat meningkatkan risiko asam urat. Penyakit ini termasuk tekanan darah tinggi (hipertensi) yang tidak segera diobati, dan kondisi kronis seperti sindrom metabolik, diabetes, penyakit jantung, dan ginjal.

Obat-Obatan Tertentu

Penggunaan diuretik seperti thiazide, biasanya digunakan untuk mengobati hipertensi dan aspirin dosis rendah juga dapat meningkatkan kadar asam urat. Begitu pun penggunaan obat anti-rejection yang diresepkan untuk mereka yang telah menjalani transplantasi organ.

Riwayat Keluarga

Jika anggota keluarga yang lain mengalami asam urat, Anda juga lebih mungkin atau berisiko mengalami asam urat.

Usia dan Jenis Kelamin

Asam urat lebih sering terjadi pada pria, sementara wanita cenderung memiliki kadar asam urat yang lebih rendah. Setelah menopause, kadar asam urat wanita berangsur seperti pria. Pria juga lebih mungkin mengalami asam urat, biasanya antara usia 30 dan 50, sedangkan wanita biasanya mengalami tanda dan gejala asam urat setelah menopause.

Dehidrasi

Ketika dehidrasi, tubuh tidak memiliki cukup cairan dan ginjal tidak dapat membuang asam urat berlebih. Kondisi ini bisa memicu lebih banyak gejala asam urat. Salah satu alasan mengapa harus menghindari minum alkohol bagi penderita asam urat adalah karena minuman ini menyebabkan dehidrasi. Sebaiknya minumlah banyak air untuk membantu menghilangkan asam urat.

Arsenik

Terpapar arsenik yang tergolong rendah juga dapat memicu asam urat pada wanita. Zat kimia ini dapat ditemukan di beberapa pestisida dan pupuk. Arsenik juga ditemukan secara alami pada tanah, air, dan beberapa jenis kerang.

Operasi atau Baru Mengalami Trauma

Baru mengalami operasi atau mengalami trauma dapat memicu peningkatan risiko asam urat. Peradangan setelah operasi inilah yang menimbulkan ciri-ciri asam urat.

Faktor Risiko Lainnya
Faktor-faktor lainnya yang dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat, di antaranya:

  • Stres
  • Infeksi
  • Penyakit mendadak
  • Rawat inap
  • Perubahan cuaca ekstrem

Sumber : Puspa Lingga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Batu Kandung Empedu - Penyebab, Penegahan Dan Pengobatannya

Batu Kandung Empedu – Penyebab, Penegahan Dan Pengobatannya

BATU KANDUNG EMPEDU Batu Kandung Empedu – Penyebab, Penegahan Dan Pengobatannya – Penyakit batu empedu atau cholelithiasis adalah kondisi yang ditandai dengan sakit perut mendadak akibat terbentuknya batu di dalam kantung empedu. Penyakit batu empedu juga bisa terjadi di saluran empedu. Kantung empedu adalah organ berukuran kecil yang terletak di bawah organ hati. Organ ini mampu memproduksi […]

Ini Dia Ramuan Untuk Mengobati Penyakit Batu Ginjal

Ini Dia Ramuan Untuk Mengobati Penyakit Batu Ginjal

BATU GINJAL Ini Dia Ramuan Untuk Mengobati Penyakit Batu Ginjal – Penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis adalah pembentukan materi keras menyerupai batu yang berasal dari mineral dan garam di dalam ginjal. Batu ginjal dapat terjadi di sepanjang saluran urine, dari ginjal, ureter (saluran kemih membawa urine dari ginjal menuju kandung kemih), kandung kemih, serta uretra (saluran kemih yang membawa […]

Shares
error: Content is protected !!