Gejala Umum Tremor Dan Faktor Resiko Penyakit Tremor

Gejala Umum Tremor Dan Faktor Resiko Penyakit Tremor

Tremor

Gejala Umum Tremor Dan Faktor Resiko Penyakit TremorTremor merupakan penyakit gangguan gerak yang ditandai dengan bergetarnya bagian tubuh. Bagian tubuh yang paling sering terkena adalah tangan.

Baca Juga : Ini Dia Gejala Penyebab Dan Cara Mengobati Kanker Kulit

Gejala Tremor

Tremor dapat terjadi di bagian tubuh mana saja. Namun, pada sebagian besar kasus tremor esensial, gejala tremor dimulai dari lengan dan tangan. Bisa hanya satu sisi, bisa juga pada kedua sisi lengan dan tangan. Tak jarang, lama-kelamaan tremor juga dialami oleh tungkai dan kaki. Pada sekitar 30 persen kasus, tremor bisa terjadi pada otot di daerah kepala dan leher, seperti di otot wajah, rahang, ataupun pita suara. Getaran yang terjadi pada tremor esensial umumnya pada awalnya terjadi sewaktu-waktu, terutama saat pengidapnya mengalami emosi, stres, ataupun kelelahan. Namun seiring berjalannya waktu, tremor dapat terjadi setiap saat, kecuali saat tidur.

Penyebab Tremor

Meskipun penyebabnya tidak diketahui, tapi koordinasi tidak normal antara bagian-bagian tertentu dari otak diduga dapat menyebabkan tremor. Kondisi ini tidak menular, tapi dapat diturunkan dalam keluarga, dengan orangtua memiliki kemungkinan 50 persen mewariskannya kepada anak.

Pengobatan Tremor

Tidak ada pengobatan khusus untuk mengatasi tremor. Pengobatan yang selama ini dilakukan bertujuan untuk mengurangi tremor dengan cara mengobati kondisi yang menjadi penyebab tremor, sesuai hasil diagnosis dokter.

Beberapa jenis pengobatan untuk mengatasi tremor, meliputi:

Fisioterapi. Terapi ini bertujuan untuk memperkuat otot dan mengurangi tremor.

Operasi otak. Prosedur ini hanya dilakukan pada tremor yang parah dan tidak dapat dikendalikan dengan obat.

Obat-obatan tertentu. Dokter dapat memberikan obat-obatan tertentu, seperti beta blockers (obat yang berfungsi melebarkan pembuluh darah), obat penenang, atau obat antikejang.

Penyuntikan botox. Pada tahap ini, dokter akan menyuntikkan. Suntikan ini akan mengurangi intensitas tremor yang sering terjadi, khususnya di bagian wajah dan kepala.

Faktor Risiko Tremor

Beberapa faktor yang dapat memengaruhi tremor, meliputi :

  • Usia. Tremor jenis ini lebih sering terjadi pada orang usia 40 tahun ke atas.
  • Mutasi genetik.
  • Jenis tremor ini yang diturunkan keluarga (tremor familial) adalah gangguan dominan autosomal. Sebuah gen yang rusak hanya dari satu orangtua telah cukup untuk menurunkan kondisi ini. Jika seseorang memiliki orangtua dengan mutasi genetik tremor esensial, sendiri memiliki kemungkinan 50 persen mengidap gangguan tremor.

Diagnosis Tremor

Pada tahap awal, dokter akan melakukan wawancara menyeluruh dan pemeriksaan fisik yang lengkap, termasuk pemeriksaan saraf. Jika hasil pemeriksaan saraf jelas menunjukkan gejala tremor esensial dan terdapat riwayat keluarga yang mengalami penyakit yang sama, umumnya tak diperlukan pemeriksaan tambahan lain untuk memastikan penyakit tremor esensial. Namun, jika pemeriksaan fisik dan riwayat keluarga yang mengalami tremor esensial tak terlalu jelas, maka umumnya dibutuhkan beberapa pemeriksaan untuk memastikan penyakit.

Pemeriksaan tersebut, di antaranya :

Pemeriksaan darah, terutama pemeriksaan kadar elektrolit, ureum, kreatinin, fungsi hati (SGOT, SGPT). CT-scan atau MRI (magnetic resonance imaging) kepala kadang diperlukan untuk memastikan bahwa tremor bukan disebabkan karena masalah lain di otak.

 Pencegahan Tremor

Tremor bisa dicegah dengan menerapkan kebiasaan berikut:

  • Melakukan olahraga ringan, misalnya mengangkat barbel untuk memperkuat otot-otot di pergelangan tangan.
  • Menghindari diri dari pikiran yang membebani agar tidak stres. Mengurangi stres bisa membantu mengurangi risiko tremor.
  • Mengurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein dan memperbanyak konsumsi air mineral.
  • Tidur dan beristirahat yang cukup, sebab kelelahan bisa memicu timbulnya tremor.

Sumber : Puspa Lingga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Ini Dia Penyebab Anda Sering Mengalami Gangguan Panik

Ini Dia Penyebab Anda Sering Mengalami Gangguan Panik

Gangguan Panik Gangguan panik adalah kondisi yang tergolong ke dalam gangguan kecemasan yang ditandai dengan terjadinya serangan panik secara tiba-tiba, kapan dan di mana saja, serta dialami berulang-ulang. Baca juga : Ini Dia Gejala Dan Pengobatan Neuropati Serta Cara Pencegahannya Gejala Gangguan Panik Gejala gangguan ini umumnya mulai dialami di akhir masa remaja atau di awal […]

Ini Dia Gejala Dan Pengobatan Neuropati Serta Cara Pencegahannya

Ini Dia Gejala Dan Pengobatan Neuropati Serta Cara Pencegahannya

Neuropati Neuropati adalah kerusakan saraf yang diakibatkan oleh berbagai kondisi seperti diabetes dan bahkan perawatan seperti kemoterapi. Ketika neuropati hanya menyebabkan kerusakan pada satu saraf, kondisi tersebut dikenal dengan sebutan mononeuropathy. Namun, yang paling sering terjadi adalah beberapa saraf juga ikut terpengaruh, sehingga kondisi ini disebut juga sebagai polyneuropathy. Gejala polyneuropathy tergantung pada apakah ada […]

Shares
error: Content is protected !!