Batu Kandung Empedu - Penyebab, Penegahan Dan Pengobatannya

Batu Kandung Empedu – Penyebab, Pencegahan Dan Pengobatannya

BATU KANDUNG EMPEDU

Batu Kandung Empedu – Penyebab, Penegahan Dan Pengobatannya – Penyakit batu empedu atau cholelithiasis adalah kondisi yang ditandai dengan sakit perut mendadak akibat terbentuknya batu di dalam kantung empedu. Penyakit batu empedu juga bisa terjadi di saluran empedu.

Kantung empedu adalah organ berukuran kecil yang terletak di bawah organ hati. Organ ini mampu memproduksi dan menyimpan cairan empedu yang berperan penting dalam proses pencernaan, termasuk mencerna kolesterol yang terkandung di dalam makanan yang dikonsumsi. Sebagian besar batu empedu berasal dari endapan kolesterol yang akhirnya mengeras dan membentuk batu.

Penyebab Terbentuknya Batu Empedu

Batu empedu diduga muncul akibat endapan kolesterol dan bilirubin yang menumpuk di dalam kantung empedu. Penumpukan terjadi ketika cairan empedu tidak mampu melarutkan kolesterol dan bilirubin berlebih yang dihasilkan hati.

Baca Juga : Ini Dia Ramuan Untuk Mengobati Penyakit Batu Ginjal

Beberapa faktor juga dapat memengaruhi seseorang terkena batu empedu, seperti faktor usia, jenis kelamin, keturunan, pola makan tidak sehat, diet yang terlalu ketat, dan kondisi medis tertentu.

Pencegahan Batu Empedu

Kolelitiasis dapat dicegah dengan menjalani pola makan sehat dan seimbang. Konsumsilah makanan tinggi serat dan hindari makanan bersantan, berminyak, berbumbu kacang, atau mengandung mentega.

Selain itu, upaya pencegahan batu empedu juga dapat dilakukan dengan membatasi konsumsi alkohol, berolahraga secara teratur, perbanyak konsumsi cairan, dan hindari diet yang terlalu ketat.

Obat Untuk Pengobatan

Ramuan 1

Bahan

  • Daun keji beling segar 5 lembar .
  • Daun ungu segar 7 lembar
  • Air 3 gelas

 Cara meramu .

  • Kedua bahan dicuci bersih
  • Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas .
  • Aturan pakai Setelah dingin , airnya diminum 2 kali sehari masing – masing 1 gelas .

 Ramuan 2

 Bahan

  • Daun kumis kucing 1 genggam
  • Kunyit 1 jempol Daun ungu segar 7 lembar
  • Bawang putih 2 siung
  • Kayu manis 1 potong
  • Air 1 . 500 cc

 Cara meramu

  • Semua bahan digiling kecuali kayu manis .
  • Rebus semua bahan dengan 1 . 500 cc air hingga tersisa 750 cc .
  • Aturan pakai Setelah dingin , airnya diminum 2 kali sehari , masing – masing 375 cc .

Sumber : Arief Hariana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Ini Dia Penyebab Gatal Pada Kepala Dan Cara Mengatasinya

Ini Dia Penyebab Gatal Pada Kepala Dan Cara Mengatasinya

GATAL-GATAL DI KEPALA Ini Dia Penyebab Gatal Pada Kepala Dan Cara Mengatasinya – Gatal kulit adalah gejala yang mudah untuk dikenali – sehingga perasaan yang mengganggu dan dorongan yang tidak dapat ditolak untuk menggaruk hampir tidak mungkin untuk diabaikan. Ini juga sangat umum. Ini kerap disebabkan oleh ketombe. Ketika kulit kepala Anda menjadi teriritasi oleh […]

Ini Dia Penyebab Gatal Gatal Pada Tubuh Dan Obatnya

Ini Dia Penyebab Gatal Gatal Pada Tubuh Dan Obatnya

Penyebab gatal-gatal Ini Dia Penyebab Gatal Gatal Pada Tubuh Dan Obatnya – Gatal-gatal biasanya disebabkan oleh kulit kering. Namun, rasa gatal juga dapat muncul akibat penyakit atau kelainan. Kadang-kadang, rasa gatal bisa menjadi pertanda adanya kelainan sistem pada tubuh, seperti hati, ginjal, serta kelainan darah. Ini Dia Penyebab. Selain kulit kering dan penyakit dalam tubuh, […]

Shares
error: Content is protected !!