7 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan dan Pengobatan

7 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan dan Pengobatan

Ginger ( Jahe )

( Zingiber officinale )

 Asal – usul

Israel , China , India , Nigeria .

Bagian tanaman yang digunakan

 Batang bawah .

7 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan dan Pengobatan – Jahe merupakan salah satu tanaman dengan akar atau batang bawah digunakan baik untuk kebutuhan kuliner maupun pengobatan . Berbagai penelitian terbaru telah memperkuat pemakaian jahe di zaman dahulu sebagai pereda gas pada saluran pencernaan , cholagogue , antitusif ( zat pereda batuk ) , diaphoretic ( zat perangsang pernapasan ) dan membantu penyerapan obat – obat lain di dalam tubuh . Unsur utama jahe adalah minyak aromatik yang sangat penting , antioksidan dan oleoresin yang sangat keras .

Efek Obat Jahe

Senyawa senyawa yang kuat tersebut telah diidentifikasi sebagai phenylalkylketone , yang dikenal sebagai gingerol , shogaol dan zingerone . . Sebagian besar efek obat dari jahe ini kemungkinan karena adanya unsur yang kuat dan keras tersebut . Penelitian terbaru yang dipublikasikan pada jurnal The Lancet dan jurnal – jurnal bergengsi lainnya telah memperkuat kebiasaan pemakaian jahe ini . Jahe diketahui lebih efektif ketimbang obat – obat dalam mengobati mual dan muntah – muntah .

Meredakan Rasa Sakit

Jahe juga bisa meredakan sakit meningkatkan aliran air empedu dan meningkatkan selera makan Jahe juga dikenal karena rasanya yang hangat dalam aktivitasnya meredakan batuk dan melonggarkan saluran pernapasan membebaskan batuk dan mendorong pelepasan lendir dan dahak . Dengan aktivitasnya yang merangsang pernapasan , meningkatkan peluh dan sirkulasi darah , jahe memiliki manfaat tambahan untuk mengatasi influenza dan demam dengan kadar rendah.

Untuk Mengobati Luka

Teh jahe sudah lama digunakan sebagai obat standar untuk mengatasi tenggorokan yang luka , demam dan influenza . Berbagai penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa jahe mampu menurunkan kolesterol dalam darah dan mengurangi penyumbatan darah . Senyawa gingerol yang tajam dan keras , diketahui memiliki susunan yang sama dengan aspirin antikoagulan yang telah dikenal luas , yang kemungkinan menjelaskan efek yang sama yang dimiliki kedua unsur tersebut pada hormon prostaglandin . Jahe juga merupakan zat antibiotik yang sangat efektif dan zat antioksidan yang sangat kuat .

Batang jahe

Batang jahe merupakan batang semu dengan tinggi 30 hingga 100 cm. Akarnya berbentuk rimpang dengan daging akar berwarna kuning hingga kemerahan dengan bau menyengat. Daun menyirip dengan panjang 15 hingga 23 mm dan panjang 8 hingga 15 mm. Tangkai daun berbulu halus.Bunga jahe tumbuh dari dalam tanah berbentuk bulat telur dengan panjang 3,5 hingga 5 cm dan lebar 1,5 hingga 1,75 cm. Gagang bunga bersisik sebanyak 5 hingga 7 buah. Bunga berwarna hijau kekuningan. Bibir bunga dan kepala putik ungu. Tangkai putik berjumlah dua.

Baca Juga : Yuk Kenali Bagaimana Kanker Usus bisa Terjadi dan Penyebabnya

Pengolahan dan pemasaran

Rimpang jahe, terutama yang dipanen pada umur yang masih muda tidak bertahan lama disimpan di gudang. Untuk itu diperlukan pengolahan secepatnya agar tetap layak dikonsumsi. Untuk mendapatkan rimpang jahe yang berkualitas, jahe dipanen pada umur tidak terlalu muda juga tidak terlalu tua.

Jahe segar Selain dipasarkan dalam bentuk olahan jahe, juga dipasarkan dalam bentuk jahe segar, yaitu setelah panen, jahe dibersihkan dan dijual kepasaran.

Terdapat beberapa hasil pengolahan jahe yang terdapat di pasaran, yaitu:

  • Jahe kering
  • Awetan jahe
  • Jahe bubuk
  • Minyak jahe
  • Oleoresin jahe

Manfaat tradisional dan pengobatan lainnya

  • mual , muntah – muntah , vertigo , dan badan lemas ;
  • meningkatkan selera makan ;
  • sakit perut , gangguan fungsi pencernaan ( dispepsia ) , gas asam lambung yang berlebihan :
  • meningkatkan aliran air empedu ;
  • mengatasi badan menggigil , batuk , influenza , dan demam
  • menurunkan kolesterol yang tinggi : antioksidan ; dan
  • ” mengencerkan ” darah .

 Kadar keracunan , peringatan dan kontra – indikasi

Tidak ada laporan tentang efek keracunan ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

10 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

10 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Jahe Zingiber officinales  10 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Dan Pengobatan – Jahe memiliki nama ilmiah Zingiber officinales, digunakan sebagai bumbu dapur maupun obat-obatan.  halia (Aceh), bahing (Batak karo), sipadeh atau si-podeh (Sumatra Barat), jahi (Lampung), jae (Jawa), jahe (Sunda), jhei (Madura), pese (Bugis), dan lali (Irian  ) . Jahe tergolong tanaman herba, tegak, dapat men- […]

Shares
error: Content is protected !!