Ini Dia Cara Mengobati Kulit Yang Tertusuk Duri

Ini Dia Cara Mengobati Luka Akibat Tertusuk Duri

Ini Dia Cara Mengobati Luka Akibat Tertusuk Duri – Ketika membiarkan anak bermain di luar rumah, ada banyak kejadian tak terduga yang harus siap dihadapi. Misalnya tertusuk duri atau kayu. Kelihatannya sih sepele. Namun, bagi beberapa anak mungkin akan terasa kesakitan.

“Sembilan dari 10 kasus kemasukan serpihan kayu ini sebetulnya cuma kejadian ringan kita bisa langsung mencabutnya. Tapi kadang bisa juga cukup parah, yaitu ketika tubuh kita mengenali ada objek asing yang masuk ke dalam kulit sehingga menimbulkan reaksi imun,” kata Cathy seperti dikutip dari ABC Australia.

Cara mengobati

Daripada menimbulkan risiko, lebih baik segera mencabutnya, berikut lima cara untuk membantu mencabut duri dari kulit.

Baca Juga : Simak Ini Dia Ciri Ciri Kram Perut Dan Pengobatannya

1. Soda kue

Tambahkan air ke 1/4 sendok teh soda kue untuk membentuk pasta. Setelah membersihkan area kulit, tambahkan pasta ke area yang kesusupan duri. Tutup dengan perban dan biarkan selama 24 jam. Setelah terlepas, duri atau serpihan kayu akan terlihat dan Bunda bisa menariknya dengan pinset.

2. Lakban

Lakban akan membantu menarik duri. Tempel lakban di atas kulit yang kesusupan duri. Tarik ke arah yang berlawanan dari posisi duri.


3. Garam epsom (Garam Inggris)

Jika duri sudah terlalu menancap ke dalam kulit, rendam ke larutan garam Epsom. Bunda juga dapat mencoba menaburkan garam Epsom di perban, dan menutupi serpihan. Garam akan menarik keluar duri. Butuh sedikit waktu untuk duri bisa keluar dari kulit anak.

4. Cuka

Sifat asam dari cuka dapat mengecilkan pori-pori kulit, dan membantu menarik duri ke permukaan. Bunda bisa menggunakan cuka dapur atau cuk apel. Rendam setidaknya selama 10 hingga 15 menit. Jika masih belum berhasil, cobalah kulit anak direndam dalam air hangat sebelum dimasukkan kembali ke cuka.

5. Kulit pisang

Mungkin terkesan aneh tapi kulit pisang bisa menarik duri dari kulit. Caranya gampang banget, Bun. Tempel kulit pisang semalaman, lalu duri akan muncul ke permukaan kulit. Bahkan bisa juga menempel pada kulit pisang.

Akibat Luka Tusuk

Luka tusuk yang dialami memang dapat menimbulkan berbagai komplikasi bila tidak di tangani dengan benar. Luka yang tidak dibersihkan akan menyebabkan mikroorganisme dan bakteri dapat masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan gejala seperti demam, infeksi pada luka, luka makin memburuk, dll. Sehingga memang segera setelah mengalami luka jenis apapun, utamanya jika cukup dalam harus segera dibersihkan dengan cairan pembersih luka atau cairan normal saline, bersihkan dari kotoran atau debris yang ikut masuk ke dalam luka dan tutup dengan kassa untuk menghindari terkontaminasi kembali, jika luka cukup lebar dan dalam juga dapat dilakukan penjahitan luka agar proses penyembuhannya dapat lebih cepat.

Infeksi Yang Terjadi

Pada jenis luka yang agak dalam terdapat berbagai macam infeksi yang dapat terjadi, diantaranya adalah infeksi tetanus, biasanya infeksi ini akan terjadi pada luka yang kotor, luka cedera, paku berkarat, gigitan hewan, luka bakar, dll. Tetanus disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani yang menyerang syaraf tubuh dan masuk melalui luka yang kotor. Gejalanya berupa kejang bersifat spasme/ kaku otot yang dimulai dari rahang dan leher. tetanus bukan penyakit menular, namun berpotensi mematikan, untuk itu sangat disarankan untuk melakukan pencegahan dengan vaksinasi tetanus.

Pengobatan

Selain dengan vaksinasi pada beberapa kasus luka juga dapat diberikan suntikan tetanus misalnya dengan ATS, namun hal ini akan efektif jika pemberiannya diberikan sebelum 6 jam sejak mendapatkan luka. ATS ini berbeda dengan vaksin tetanus, dimana ATS tidak dapat memicu imunitas tubuh terhadap racun tetanus tapi hanya menetralkan racun tetanus yang kita dapatkan saat terluka.

Sumber : Alo Dokter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Ini Dia Penyebab Anda Sering Mengalami Gangguan Panik

Ini Dia Penyebab Anda Sering Mengalami Gangguan Panik

Gangguan Panik Gangguan panik adalah kondisi yang tergolong ke dalam gangguan kecemasan yang ditandai dengan terjadinya serangan panik secara tiba-tiba, kapan dan di mana saja, serta dialami berulang-ulang. Baca juga : Ini Dia Gejala Dan Pengobatan Neuropati Serta Cara Pencegahannya Gejala Gangguan Panik Gejala gangguan ini umumnya mulai dialami di akhir masa remaja atau di awal […]

Ini Dia Gejala Dan Pengobatan Neuropati Serta Cara Pencegahannya

Ini Dia Gejala Dan Pengobatan Neuropati Serta Cara Pencegahannya

Neuropati Neuropati adalah kerusakan saraf yang diakibatkan oleh berbagai kondisi seperti diabetes dan bahkan perawatan seperti kemoterapi. Ketika neuropati hanya menyebabkan kerusakan pada satu saraf, kondisi tersebut dikenal dengan sebutan mononeuropathy. Namun, yang paling sering terjadi adalah beberapa saraf juga ikut terpengaruh, sehingga kondisi ini disebut juga sebagai polyneuropathy. Gejala polyneuropathy tergantung pada apakah ada […]

Shares
error: Content is protected !!